Dhio Dhafin Hannandra (2021) OPINI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP KONTEN INSTAGRAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (@UMYOGYA) TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (523kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p><em>Instagram</em> adalah salah satu media sosial yang digunakan dalam kegiatan promosi oleh Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta terlebih lagi perguruan tinggi swasta pada pandemi virus Covid-19 gencar untuk menggunakan media sosial <em>Instagram</em> sebagai sarana meningkatkan <em>awareness</em> kepada khalayak luas. Hal ini dimanfaatkan juga oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang mempunyai keunikan dalam kontennya yaitu konten yang bervariasi dan banyaknya konten keislaman, namun di samping itu ditemukan konten yang cukup kontroversial yaitu video <em>cover pamer bojo dan</em> konten wisuda luring.<br>
<br>
Penelitian ini menganalisis bagaimana opini mahasiswa UMY terhadap konten akun <em>Instagram</em> @umyogya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan faktor-faktor pembentuk opini dan opini dari masing-masing mahasiswa terhadap konten akun <em>Instagram</em> @umyogya khususnya pada konten video <em>cover</em> <em>pamer bojo</em> dan konten wisuda luring UMY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang didapat dari mewawancarai informan sejumlah sepuluh informan yang dipilih berkriteria mahasiswa angkatan 2020 dan sudah mengikuti akun <em>Instagram</em> @umyogya sejak tahun 2020. Teknik analisis data ialah dengan analisis kualitatif dengan proses uji validitas data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi.<br>
<br>
Hasil penelitian ini secara keseluruhan mendeskripsikan tentang bagaimana opini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap konten akun <em>Instagram</em> Universitas Muhammadiyah Yogyakarta @umyogya pada tahun 2020 dengan hasil; 1) Konten video <em>cover</em> <em>pamer bojo</em> adalah konten dengan pesan informatif dan menghibur sementara itu konten wisuda luring adalah konten dengan pesan informatif; 2) Opini yang diungkapkan informan cenderung kepada opini positif; 3) Keseluruhan tindakan opini informan cenderung kepada tindakan penilaian; 4) Faktor yang mempengaruhi opini informan cenderung kepada latar kebudayaan dan kebiasaan</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:02 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6537 |