EFL Students’ Anxiety in Public Speaking

Nabila Himmatul Ula Arifin (2021) EFL Students’ Anxiety in Public Speaking. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Salah satu aspek terpenting dalam belajar bahasa Inggris adalah berbicara. Siswa biasanya memberikan presentasi atau menunjukkan kemampuan mereka berbicara bahasa Inggris di depan umum sebagai bagian dari keterampilan berbicara mereka, dengan tujuan berbagi informasi, pemikiran, atau ide dari pembicara dengan audiens. Pada kenyataannya, siswa merasa kesulitan untuk menyampaikan pidato bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan unsur-unsur yang menyebabkan mahasiswa mengalami kecemasan berbicara di depan umum dan strategi untuk mengatasi ketakutan tersebut berdasarkan pendapat mahasiswa EFL. Penelitian ini mengambil metode kualitatif untuk mengetahui dan menggali informasi lebih mendalam tentang masalah berdasarkan pertanyaan penelitian. Peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif untuk melihat pengalaman individu. Enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas Swasta Islam Yogyakarta dipilih sebagai peserta penelitian. Wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan data oleh peneliti dalam penelitian ini. Berdasarkan perspektif mahasiswa EFL, peneliti menemukan delapan kesimpulan terkait variabel utama kecemasan berbicara di depan umum dalam penelitian ini. Temuannya adalah kurangnya persiapan, penonton, takut membuat kesalahan, gugup, rasa percaya diri yang rendah, bahasa Inggris yang kurang berbicara, kurangnya pengetahuan kosa kata, dan yang terakhir adalah kesulitan siswa dalam aksen. Sedangkan pada pertanyaan penelitian kedua, peneliti menemukan enam temuan tentang strategi yang diterapkan oleh mahasiswa EFL dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Diantaranya lebih fokus pada diri sendiri, mempersiapkan pidato dengan matang, membuat naskah, berlatih berbicara di depan umum, upaya siswa untuk menenangkan diri dan meminta bantuan teman.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:20
Last Modified: 13 Dec 2021 04:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item
View Item