The Correlation between ELED Students’ Attitude in Collaborative Learning Approach towards Their Speaking Skill Score

Nor Laili (2021) The Correlation between ELED Students’ Attitude in Collaborative Learning Approach towards Their Speaking Skill Score. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa ELED dalam pembelajaran kolaboratif dengan skor keterampilan berbicara mereka. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional untuk mengetahui dan menyelidiki informasi lebih rinci tentang topik. Peneliti menggunakan kuesioner dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Sebanyak 109 mahasiswa dari mata kuliah Listening and Speaking for Formal Setting angkatan 2020 ELED di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta berpartisipasi untuk dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menerapkan pembelajaran kolaboratif sebagai pendekatan belajar mengajar memberikan sikap positif (3,18 dari 4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif membantu siswa dalam memahami dan bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan anggota kelompok mereka. Berdasarkan temuan juga rata-rata skor keterampilan berbicara siswa adalah kategori tinggi (11,9 dari 15). Dengan demikian, hasil product-moment Pearson menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan dan positif antara sikap siswa ELED dalam pembelajaran kolaboratif terhadap skor keterampilan berbicara mereka (r. 0,52, p. 0,00).</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:18
Last Modified: 08 Nov 2021 02:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item
View Item