The Use of Communication Strategies by EFL Learners and the Differences in Gender

Lilik Nurjanah (2021) The Use of Communication Strategies by EFL Learners and the Differences in Gender. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

<p>Abstrak</p>

<p>Strategi komunikasi adalah strategi yang digunakan oleh pembelajar selama berkomunikasi untuk menangani masalah mereka. Pelajar juga memiliki masalah dalam mengungkapkan pemikiran atau poin mereka karena mereka kekurangan kosakata dan tidak tahu bagaimana menjelaskannya dalam bahasa Inggris dan biasanya masalah ini terjadi ketika mereka ingin berbicara secara formal. Dengan menggunakan strategi komunikasi, pelajar dan guru dapat memastikan bahwa sistem pembelajaran berjalan dengan baik. Peserta didik dapat memahami apa yang guru jelaskan dan guru dapat memastikan bahwa peserta didik memahami apa yang dia katakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk mengatasi kesulitan komunikasi mereka dan untuk mengetahui perbedaan gender dalam penggunaan strategi komunikasi. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan 35 item. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2020. Partisipan dalam penelitian ini adalah 137 mahasiswa. Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan hipotesis nol (H0). Kemudian, hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara gender dan strategi komunikasi yang digunakan. Selanjutnya, ada dua hasil dalam penelitian ini. Pertama, strategi komunikasi yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah UIM item 3.69 karena rata-rata item UIM (strategi komunikasi untuk memahami pesan) berada di skor tertinggi di antara CCP (strategi komunikasi untuk mengatasi masalah komunikasi) 3,65 dan CCI (strategi komunikasi untuk melakukan percakapan sebagaimana dimaksud) 3,65 item. Hasil kedua adalah tentang perbedaan gender dalam penggunaan strategi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikan 2 tailed dari data adalah < 0>

<p><em>Kata kunci:</em> Strategi komunikasi, perbedaan gender, pembelajar EFL</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:59
Last Modified: 08 Nov 2021 06:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item
View Item