Sahid Ali Zakaria (2021) What Demotivates Indonesian Students of English Language Education Department in Learning English. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (508kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (22kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p><strong>Intisari</strong></p>
<p>Demotivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) dapat menjadi faktor yang merugikan untuk kesuksesan pelajar dalam pembelajaran EFL. Demotivasi dalam pembelajaran EFL dapat dialami oleh siswa manapun, dan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia bukanlah pengecualian. Oleh sebab itu, mencegah dan mengatasi demotivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kesuksesan pelajar dalam pembelajaran EFL. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki faktor demotivasi dalam pembelajaran EFL dan strategi untuk mengatasi demotivasi dalam pembelajaran EFL di antara mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam di Yogyakarta. Partisipan penelitian ini adalah 151 mahasiswa angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner, sedangkan data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor demotivasi dalam pembelajaran EFL mahasiswa tersebut adalah karakteristik kelas (M = 2.69), materi pembelajaran (M = 2.35), pengalaman kegagalan (M = 2.35), dan kekurangan motivasi intrinsik (M = 2.10); sedangkan strategi mereka untuk mengatasi demotivasi mereka adalah mencari dukungan sosial, menggunakan strategi pengatur emosi, menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas, dan mengembangkan kegigihan dalam pembelajaran EFL.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:35 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6661 |