Aprilia Melyana Devi (2021) Students’ Strategies and Difficulties in Writing Descriptive Texts of Tenth Grade in Senior High School. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (259kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Bab I.pdf
Download (101kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (438kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (674kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa dalam menulis teks deskriptif dan mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks deskriptif. Berdasarkan pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui dan menyelidiki informasi lebih rinci tentang topik tersebut. Peneliti juga menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menyelidiki pengalaman partisipan. Ada enam siswa kelas sepuluh di salah satu SMA Muhammadiyah di Yogyakarta yang dipilih sebagai peserta penelitian. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data sebagai instrumen penelitian ini. Pada pertanyaan penelitian pertama, peneliti menemukan empat temuan terkait dengan strategi yang digunakan siswa dalam menulis teks deskriptif. Temuan pertama adalah brainstorming. Yang kedua adalah menggunakan berbagai kosakata. Yang ketiga menggunakan gambar. Dan yang terakhir adalah mempelajari topik. Sedangkan pada pertanyaan penelitian kedua peneliti menemukan lima temuan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks deskriptif. Pertama, kesulitan siswa dalam mengembangkan ide. Yang kedua adalah mengorganisir ide. Ketiga, kesulitan siswa dalam menggunakan kosakata yang tepat. Keempat adalah kesulitan siswa dalam menggunakan tata bahasa yang tepat. Kelima adalah kesulitan siswa dalam mengembangkan konten. Kesimpulannya, peneliti menemukan bahwa penggunaan keempat strategi di atas membawa dampak yang baik bagi siswa. Pernyataan positif telah ditunjukkan oleh siswa selama sesi wawancara ketika mereka ditanya tentang strategi menulis mereka ketika menulis teks deskriptif. Siswa dapat mengatasi kesulitan mereka dan menulis teks deskriptif lebih mudah dari sebelumnya setelah menggunakan strategi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:35 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6671 |