Muhammad Shodiq Ardananto (2021) Strategi Positioning Difa Bike City Tour & Transport Sebagai Ojek Disabilitas Dalam Membangun Brand Awareness di Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (505kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (362kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Upaya membangun kesadaran merek yakni suatu hal penting dalam suatu perusahaan yang menawarkan sebuah produk atau jasa. Salah satu upaya untuk membangun kesadaran merek yakni dengan melakukan strategi positioning untuk membangun brand awareness atau kesadaran merek terhadap konsumen. Jasa ojek online Difa Bike City Tour & Transport adalah sebuah jasa ojek online di kota Yogyakarta yang memiliki keunikan tersendiri, sebuah layanan ojek yang seluruh drivernya merupakan penyandang disabilitas dan memiliki motor modifikasi yang berbeda dari jasa ojek online lainyya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana brand DCTT membuat strategi positioning sebagai ojek disabilitas dalam membangun brand awareness pada masyarakat umum di Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan informan, buku, jurnal dan dokumentasi dari perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara. Peneliti menumukan data sesusai dengan teori yang ada, peneliti menemukan ojek DCTT menggunakan 8 indikator dalam menyusun strategi positioning dan 4 indikator dalam melaksanakan kegiatan promosi, yaitu penetepan posisi menurut atribut, manfaat, pemakai, pesaing, harga atau kualitas, logo atau lambang, suasana, dan keberadaan, sedangkan dalam kegiatan promosi yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan tujuan komunikasi, dan menetapkan metode atau memilih media yang digunakan. DCTT menjual layanan ojek online pada masyarakat dengan mengunggulkan armada modifikasi yang lebih nyaman, lebih safety dalam berkendara dan paket wisata yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 04:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 04:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6697 |