EFEKTIVITAS PROMPTING PADA VIDEO TUTORIAL

Raika Wahyuni Lestari (2021) EFEKTIVITAS PROMPTING PADA VIDEO TUTORIAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dari sumber belajar. Keberadaan fasilitas pembelajaran juga turut menentukan berhasil tidaknya pembelajaran. Masalah utama pembelajaran memprogram adalah ketidakmampuan untuk berpikir secara formal tentang algoritma untuk menyelesaikan masalah yang ada secara bertahap. Oleh karena itu, diperlukan minat dan rasa ingin tahu. Minat adalah perasaan bahwa seseorang menyukai atau menikmati sesuatu. Tanpa minat dan rasa ingin tahu ini, proses belajar tidak akan terjadi. Video adalah sejenis gambar, yang ditampilkan bersamaan dengan suara, dan prompting adalah mendorong atau membimbing. Video prompting mengacu pada penggunaan layar mobile learning untuk merangsang motivasi atau rasa ingin tahu. Pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif, dan penelitian ini melibatkan sebanyak 17 siswa dari kelas TKJ XI.A dan sebanyak 18 siswa dari kelas XI.B untuk membandingkan ada tidaknya perbedaan minat belajar dan ketertarikan antar siswa. XI.A dan siswa XI.B. Jumlah yang diteliti adalah 35 siswa TKJ. Dari hasil pengujian kuesioner yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil bahwa video prompting lebih menarik, dan dapat meningkatkan minat belajar serta dapat membimbing siswa untuk belajar dengan presentase 86,8% “SANGAT SETUJU” dengan merasa ingin tahu jawaban dari pertanyaan modul ini, 88% “SANGAT SETUJU” dengan metari mengarah untuk belajar, 61,1% “TIDAK SETUJU” dengan menemukan jawaban dari materi tanpa membuka modul, 80% “SETUJU” dengan penyaji membantu untuk menjawab soal-soal, 81,1% “SANGAT SETUJU” dengan mendukung untuk lebih menguasai materi pemprograman java.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 09:43
Last Modified: 14 Dec 2021 09:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item
View Item