Pembuatan 3D Asset Dengan Software Blender Pada Game Simulasi Kebakaran Bangunan

Gilang Prakoso (2021) Pembuatan 3D Asset Dengan Software Blender Pada Game Simulasi Kebakaran Bangunan. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Kebakaran merupakan salah satu ancaman terbesar di kota-kota besar di Indonesia yang diakibatkan oleh adanya ancaman potensial dan derajat terkena pancaran api sejak dari awal terjadi kebakaran hingga penjalaran api, asap dan gas yang ditimbulkan. Ancaman tersebut menimbulkan respon cepat dalam penanganannya salah satunya adalah timbulnya skenario kebakaran. Dengan menjamurnya game developer saat ini, maka berkembang juga penyampaian informasi salah satunya melalui game 3D. Media game 3D dapat digunakan sebagai bentuk penyampaian skenario. Namun, skenario tersebut tidak dapat diterapkan dengan baik apabila 3D assets tidak dibuat secara realistis. 3D assets yang realistis perlu disertai dengan tekstur, warna, serta bentuk yang sesuai dengan objek nyata. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan 3D assets yang realistis dengan dimasukannya skenario yang dapat digunakan di dalam game simulasi kebakaran di dalam bangunan. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode Luther. Berdasarkan pengujian 3D assets pada Unreal Engine dan pengujian tingkat realistis 3D assets, dapat disimpulkan bahwa 3D assets mencapai tingkat realistis serta dapat digunakan di dalam game simulasi kebakaran.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:56
Last Modified: 13 Dec 2021 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item
View Item