Gilang Prakoso (2021) Pembuatan 3D Asset Dengan Software Blender Pada Game Simulasi Kebakaran Bangunan. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (923kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Bab I.pdf
Download (49kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Kebakaran merupakan salah satu ancaman terbesar di kota-kota besar di Indonesia yang diakibatkan oleh adanya ancaman potensial dan derajat terkena pancaran api sejak dari awal terjadi kebakaran hingga penjalaran api, asap dan gas yang ditimbulkan. Ancaman tersebut menimbulkan respon cepat dalam penanganannya salah satunya adalah timbulnya skenario kebakaran. Dengan menjamurnya game developer saat ini, maka berkembang juga penyampaian informasi salah satunya melalui game 3D. Media game 3D dapat digunakan sebagai bentuk penyampaian skenario. Namun, skenario tersebut tidak dapat diterapkan dengan baik apabila 3D assets tidak dibuat secara realistis. 3D assets yang realistis perlu disertai dengan tekstur, warna, serta bentuk yang sesuai dengan objek nyata. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan 3D assets yang realistis dengan dimasukannya skenario yang dapat digunakan di dalam game simulasi kebakaran di dalam bangunan. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode Luther. Berdasarkan pengujian 3D assets pada Unreal Engine dan pengujian tingkat realistis 3D assets, dapat disimpulkan bahwa 3D assets mencapai tingkat realistis serta dapat digunakan di dalam game simulasi kebakaran.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 03:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 03:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6768 |