Zunairoh (2021) Fa'aaliyyatu Thoriiqoti Hifdzil Qur'aani Kaauni ad Dzaakirotul Kumuumiyyatu li Tahsiinil Mufrodaatil 'Arobiyyati ladaa at Tholabatil Jaami'iyyati lil Fashli ad Diroosi al Khoomisi fii Qismi Ta'liimil Lughotil 'Arobiyyati Jaami'atu Muhammadiyyatu Yugyakartaa li as Sanah ad Diroosiyyah 2020/2021. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (679kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Bab I.pdf
Download (574kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (837kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (849kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Menghafal Al-Qur’an dan belajar bahasa Arab memiliki banyak keutamaan untuk dipelajari dalam agama Islam. Keduanya bagaikan sisi mata uang yang tidakbisa dipisahkan karena saling berkaitan. Dewasa ini banyak sekali metode menghafal Al-Qur’an dan belajar bahasa Arab yang ditawarkan kepada masyarakat umum terutama anak-anak supaya menghafal Al-Qur’an dan belajar bahasa Arab tidak lagi menjadi sesuatu yang membosankan. Penelitian dengan judul “Efektivitas Metode Menghafal Al-Qur’an Kauny Quantum Memory (KQM) untuk Meningkatkan Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab pada Mahasiswa Kelas A Semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta” memiliki rumusan masalah apakah metode menghafal Al-Qur’an Kauny Quantum Memory (KQM) efektif untuk meningkatkan mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab pada Mahasiswa Kelas A Semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode menghafal Al-Qur’an Kauny Quantum Memory (KQM) untuk meningkatkan mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab pada Mahasiswa Kelas A Semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research) yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) kemudian diolah dengan metode statistika. Data akan diolah dengan metode koefisien korelasi. Landasan teori yang digunakan adalah teori menghafal Al-Qur'an, belajar bahasa Arab dan Kauny Quantum Memory. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel kemampuan menghafal Al-Qur'an mahasiswa (X) dengan variabel penguasaan mufrodat (Y) di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan koefisien hasil rxy sebesar 0.949 terletak pada interval 0.80-1.000 menunjukkan metode menghafal Al-Qur'an Kauny Quantum Memory efektif untuk meningkatkan mufrodat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 03:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6818 |