Ulfa Mei Anggraeni (2020) KOMODIFIKASI PRIVASI DALAM RUANG PUBLIK PADA PROGRAM ACARA PAGI-PAGI PASTI HAPPY DI TRANS TV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (711kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Bab I.pdf
Download (574kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Media televisi sebagai media hiburan, informasi, dan pendidikan mempunyai peran khusus dalam mempengaruhi masyarakat. Bayaknya stasiun televisi membuat mereka selalu berlomba-lomba untuk menyajikan tayangan agar diminati oleh penonton. Tidak heran jika mereka selalu melakukan komodifikasi untuk kepentingan tertentu, salah satunya adalah komodifikasi privasi. Pagi-Pagi Pasti Happy menjadi salah satu contoh program acara di Trans TV yang sering mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena seringkali menjadikan privasi artis sebagai konsumsi publik. Dimana privasi merupakan isu sensitif yang harus dibicarakan di depan publik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komodifikasi privasi dalam ruang publik melalui wacana yang diproduksi pada program acara Pagi-Pagi Pasti Happy (P3H). Metode dari penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Fairclough yang berfokus pada analisis teks, praktik diskursif (produksi dan konsumsi teks), dan praktik sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya bentuk komodifikasi privasi yang ditampilkan melalui wacana yang di produksi oleh acara P3H dengan menjadikan permasalahan artis sebagai konten utama. Tidak jarang mereka selalu menampilkan kesedihan dengan memperlihatkan ekspresi wajah dan air mata untuk meningkatkan daya jual pada program acara tersebut yang didukung dengan adanya backsound untuk mendramatisir acara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/683 |