PENGEMBANGAN GAME MULTIPLAYER ULAR TANGGA BERGENRE STRATEGI MENGGUNAKAN UNITY

Dwi Septihadi (2021) PENGEMBANGAN GAME MULTIPLAYER ULAR TANGGA BERGENRE STRATEGI MENGGUNAKAN UNITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada penelitian sebelumnya, Muhammad Ilham Nur Isra’ membuat invovasi pada permainan ular tangga ke arah yang lebih modern, dengan cara menambahkan elemen strategi didalamnya. Permainan tersebut disebut ular tangga bergenre strategi. Wahyu Firmansya kemudian mengembangkan permainan tersebut ke versi digital. Akan tetapi pada hasil pengembangannya tidak menerapkan keseluruhan fitur dari rancangan yang dibuat oleh Muhammad Ilham, hal itu dikarenakan Wahyu Firmansyah menggunakan game engine Construct 2 yang tidak mendukung metode ObjectOriented programming (OOP). Oleh karena itu, penulis mengembangkan game ular tangga bergenre strategi untuk melengkapi fitur yang belum diterapkan dan membuat ulang game tersebut dengan game engine yang dapat menggunakan metode OOP. Penulis menggunakan metode yang diadopsi dari Game Development Life Cycle. Terdapat dua tahapan di dalam metode ini yang penulis gunakan, yaitu Production dan Testing. Penulis menggunakan game engine Unity untuk mengembangkan game ini. Penulis juga melakukan 2 pengujian yaitu Black Box Testing dan pengujian portabilitas. Berdasarkan hasil pengujian, game ular tangga bergenre strategi yang penulis buat dapat dimainkan oleh 2, 3 atau 4 pemain dan dapat berjalan pada sistem operasi Windows 8.1 dan Windows 10.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:17
Last Modified: 13 Dec 2021 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6993

Actions (login required)

View Item
View Item