Nugroho Mukti Riyadi (2020) REFLECTING STUDENTS' FOREIGN LANGUAGE MASTERY UPON THEIR PARTICIPATION ON OVERSEAS STUDENTS MOBILITY PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab I.pdf
Download (305kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (843kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (922kB)
Abstract
Students mobility program adalah salah satu program favorit yang dapat diikuti oleh siswa. Students mobility program disediakan oleh universitas, pemerintah atau komunitas swasta. Program ini diyakini sebagai program yang dapat membantu siswa untuk menguasai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apa yang siswa dapatkan dari keikutsertaan mereka dalam program mobilitas siswa luar negeri dalam hal bahasa asing dan strategi yang diterapkan siswa saat bergabung dengan program mobilitas siswa untuk membantu mereka dalam menguasai bahasa asing. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua mahasiswa Universitas Swasta Islam di Yogyakarta. Temuan pertama dari penelitian ini adalah tentang apa yang telah diperoleh siswa atas partisipasi mereka dalam program mobilitas siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa dengan mengikuti program mobilitas siswa, siswa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa asing, meningkatkan penguasaan bahasa asing, akurasi dalam penguasaan bahasa asing, dan menambahkan kosa kata harian baru, mendapatkan paparan dari lingkungan yang mendukung, kemudian kemampuan membaca dalam karakter asing. Temuan kedua adalah tentang strategi yang diterapkan siswa ketika bergabung dengan program mobilitas siswa untuk membantu mereka dalam menguasai bahasa asing. Ini menunjukkan bahwa siswa menerapkan beberapa strategi seperti sering berlatih menulis karakter Cina, berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan untuk yang terakhir menggunakan aplikasi pengirim pesan teks untuk berlatih dalam bahasa asing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 06:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/702 |