Desty Syabedra (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT NASIONAL TINTA MAS YOGYAKARTA DALAM MENCAPAI TARGET PENJUALAN MAJALAH SAHABAT GURU TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Menurut data Serikat Perusahaan Pers (SPS) menyebutkan bahwa jumlah penerbitan media cetak secara nasional pada 2017 merosot menjadi 850 penerbitan dan tersisa tinggal 57,54% dari 2003 yang mencapai 2.002 penerbitan. Sedangkan dari sisi tiras atau eksemplar yang terjual, selama 15 tahun dari 2002-2017, nyaris tidak ada laju pertumbuhan yang signifikan yakni ada dikisaran 17 juta eksemplar dan menurut hasil riset Pricewaterhouse Coopers (PwC), akankah media massa khususnya cetak dapat bertahan di tengah arus perkembangan tekhnologi yang semakin canggih. Perusahaan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang tidak dapat ditentukan, upaya yang dapat dilakukan yakni melalui strategi komunikasi pemasaran untuk memperluas market share. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan strategi Komunikasi pemasaran PT Nasional Tintamas Yogyakarta, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran PT Nasional Tintamas Yogyakarta menggunakan strategi personal selling yaitu Audiensi dengan daerah dan public relations melalui pelatihan peningkatan mutu SDM. Strategi tersebut diwujudkan melalui product yang dihubungkan dengan solusi pelanggan terkait mutu produk (customer solution), price dihubungkan dengan biaya pelanggan (customer cost), place dihubungkan dengan kenyamanan tekait proses distribusi produk (convenience), sedangkan promotion dihubungkan dengan strategi komunikasi pemasaran. Dalam implementasinya, PT Nasional Tintamas perlu memaksimalkan semua strategi promosi yang sudah dilakukan seperti halnya memaksimalkan strategi promosi di ranah online yang selama ini di anggap belum begitu penting, hal ini menjadi tantangan bagi PT Nasional Tintmas untuk terus meningkatkan dan mengembangkan strategi prmosinya guna memperluas market share.
Dosen Pembimbing: | Yeni Rosilawati, Dr., S.IP., S.E., M.M. | NIDN0013067301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:41 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |