RETORIKA DAKWAH DI ERA DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS TRENDSETTER USTADZ HANAN ATTAKI)

Aini Zakiyah Fitri (2021) RETORIKA DAKWAH DI ERA DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS TRENDSETTER USTADZ HANAN ATTAKI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk retorika dakwah yang dilakukan oleh salah satu da’i muda terkenal yaitu Ustadz Hanan Attaki. Subyek dari penelitian ini adalah akun instagram pribadi dari Ustadz Hanan Attaki yang bernama @hanan_attaki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Analisis Framing yaitu salah satu metode analisis media yang digunakan untuk mengkaji pembingkaian realitas peristiwa, individu, kelompok atau lainnya yang dilakukan oleh media instagram. Serta teori yang digunakan adalah hukum 3V Alberth Mehrabian yaitu (Verbal, Voice, dan Visual). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terhadap 3 video konten yang diunggah pada akun instagram pribadi Ustadz Hanan Attaki yaitu @hanan_attaki yang pertama adalah video yang berjudul “Bucin Kepada Ibu”, “Menyesal”, dan “Memperbaiki Hubungan”. Cara Ustadz Hanan Attaki dalam berdakwah untuk mempengaruhi audiens sudah sesuai dengan konsep retorika yaitu dari bagian verbal atau gaya bahasa mencakup bahasa resmi, tidak resmi, dan percakapan. Vokal atau suara yang disampaikan ketika berdakwah menggunakan nada suara yang rendah dan penekanan pada kalimat-kalimat yang penting, lalu pada kecepatan suara Ustadz Hanan Attaki menyampaikan materi dengan intonasi lambat sehingga mudah dicerna oleh audeins, dan untuk kualitas suara yang sangat baik adalah salah satu ciri khas dari dakwah Ustadz Hanan Attaki.Visual dari dakwah yang sampaikan dapat dilihat dari gerak tubuh yang santai dan gaya berpakaian yang modern sehingga terkesan santai dan mudahditerima oleh para audiens terutama para kalangan anak muda

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:41
Last Modified: 16 Dec 2021 03:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7039

Actions (login required)

View Item
View Item