Students’ Challenges and Strategies on doing Storytelling

Raihhanil Jannah (2020) Students’ Challenges and Strategies on doing Storytelling. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Storytelling adalah salah satu kegiatan belajar yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Storytelling menjadi kegiatan belajar yang dianggap mudah dimengerti dan mudah diakses oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang storytelling lebih tepatnya kesulitan apa yang mereka alami dan strategi apa yang mereka gunakan untuk menyelesaikannya. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta, lebih tepatnya di kelas Apresiasi Sastra. Karena di kelas itu dosen menggunakan mendongeng sebagai salah satu kegiatan belajar dan ada tugas yang mengharuskan siswa untuk melakukan stroytelling. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga siswa wanita yang mengikuti kelas Apresiasi Sastra. Alasan mengapa peneliti memilih peserta karena mereka sudah mengambil kelas apresiasi sastra juga melakukan bercerita dan memiliki skor yang baik dalam storytelling. Peneliti melakukan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang pengalaman siswa dalam storytelling.
Temuan penelitian ini mencakup tantangan dan strategi siswa ketika melakukan storytelling. Tantangan siswa ketika melakukan storytelling terkait dengan kegugupan, kendala waktu, kesulitan menghafal, bahasa ibu, kesulitan dalam menemukan atribut yang cocok misalnya pakaian, hal-hal yang mendukung pendongeng ketika melakukan storytelling, audiensi kehilangan fokus. Juga, strategi yang digunakan siswa adalah mengetahui pelafalan kata yang tepat, mengendalikan tempo sambil berbicara, berlatih menghafal cerita, mencoba menjadi seperti orang Inggris, memilih cerita yang sederhana dan mengeksplorasi cara menyampaikan cerita.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:07
Last Modified: 20 Oct 2021 02:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item
View Item