Raihhanil Jannah (2020) Students’ Challenges and Strategies on doing Storytelling. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (546kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab I.pdf
Download (298kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Storytelling adalah salah satu kegiatan belajar yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Storytelling menjadi kegiatan belajar yang dianggap mudah dimengerti dan mudah diakses oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang storytelling lebih tepatnya kesulitan apa yang mereka alami dan strategi apa yang mereka gunakan untuk menyelesaikannya. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta, lebih tepatnya di kelas Apresiasi Sastra. Karena di kelas itu dosen menggunakan mendongeng sebagai salah satu kegiatan belajar dan ada tugas yang mengharuskan siswa untuk melakukan stroytelling. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga siswa wanita yang mengikuti kelas Apresiasi Sastra. Alasan mengapa peneliti memilih peserta karena mereka sudah mengambil kelas apresiasi sastra juga melakukan bercerita dan memiliki skor yang baik dalam storytelling. Peneliti melakukan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang pengalaman siswa dalam storytelling.
Temuan penelitian ini mencakup tantangan dan strategi siswa ketika melakukan storytelling. Tantangan siswa ketika melakukan storytelling terkait dengan kegugupan, kendala waktu, kesulitan menghafal, bahasa ibu, kesulitan dalam menemukan atribut yang cocok misalnya pakaian, hal-hal yang mendukung pendongeng ketika melakukan storytelling, audiensi kehilangan fokus. Juga, strategi yang digunakan siswa adalah mengetahui pelafalan kata yang tepat, mengendalikan tempo sambil berbicara, berlatih menghafal cerita, mencoba menjadi seperti orang Inggris, memilih cerita yang sederhana dan mengeksplorasi cara menyampaikan cerita.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 03:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/705 |