Felorensiana Runtunuwu (2021) EDUKASI MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN MEKANISME KOPING ORANG TUA DARI ANAK DENGAN PENYAKIT KELAINAN JANTUNG BAWAAN: LITERATURE REVIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (661kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (421kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (726kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Penyakit Jantung Bawaan (PJB) adalah salah satu penyakit kelainan bawaan tersering pada anak dengan perjalanan penyakit yang kronis. Penyakit Jantung Bawaan hampir selalu menimbulkan permasalahan baik secara psikologi bagi pasien dan keluarganya. Edukasi mengenai Penyakit Jantung Bawaan pada anak yang diberikan kepada orang tua dan pengasuh dapat membantu mengatasi permasalahan emosi yang muncul akibat merawat anak dengan penyakit jantung bawaan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan melihat edukasi dalam meningkatkan pengetahahuan dan mekanisme koping orang tua dari anak dengan penyakit kelainan jantung bawaan Metode: Penelitian ini adalah suatu literature review yang bersumber dari database PubMed dan Google Scholar dengan kriteria inklusi berupa artikel publikasi tahun 2015-2020, tersedia dalam bentuk full text, dan dipublikasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris Hasil: Hasil pencarian dari database PubMed, Google Scholardan Science Directdidapatkan 169 artikel, dan dari keseluruhan didapatkan enam artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Implementasi program edukasi berbasis pemberdayaan (empowerment based) dapat memperbaiki pengetahuan, perilaku pengasuhan, self-efficacy orangtua dan pengasuh anak dengan Penyakit Jantung Bawaan dibandingkan orangtua yang hanya diberikan edukasi seperti biasa. Edukasi dengan media audiovisual seperti foto terkait tindakan diagnosis atau prosedur yang akan dijalani anak dengan Penyakit Jantung Bawaan menjadi langkah awal yang penting. Tingkat kecemasan orangtua lebih rendah pada kelompok yang diberikan intervensi dibandingkan kontrol (M=63, SD=3.5 vs M=70, SD=2.8). Program berbasis modul dan worskop seperti intervensi Congenital Heart Disease Intervention Program (CHIP)-Family ataupun edukasi dengan program berbasis bukti Families coping terbukti dapat memperbaiki kesehatan mental dan mekanisme koping orangtua anak dengan Penyakit Jantung Bawaan. Program edukasi secara langsung dari tenaga kesehatan dengan berbasis platform online karena lebih praktis dan mudah diakses. Simpulan: Edukasi keperawatan menggunakan berbagai terbukti dapat memperbaiki mekanisme koping orangtua dari anak dengan Penyakit Jantung Bawaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:23 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7071 |