EDUKASI MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN MEKANISME KOPING ORANG TUA DARI ANAK DENGAN PENYAKIT KELAINAN JANTUNG BAWAAN: LITERATURE REVIEW

Felorensiana Runtunuwu (2021) EDUKASI MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN MEKANISME KOPING ORANG TUA DARI ANAK DENGAN PENYAKIT KELAINAN JANTUNG BAWAAN: LITERATURE REVIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Jantung Bawaan (PJB) adalah salah satu penyakit kelainan bawaan tersering pada anak dengan perjalanan penyakit yang kronis. Penyakit Jantung Bawaan hampir selalu menimbulkan permasalahan baik secara psikologi bagi pasien dan keluarganya. Edukasi mengenai Penyakit Jantung Bawaan pada anak yang diberikan kepada orang tua dan pengasuh dapat membantu mengatasi permasalahan emosi yang muncul akibat merawat anak dengan penyakit jantung bawaan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan melihat edukasi dalam meningkatkan pengetahahuan dan mekanisme koping orang tua dari anak dengan penyakit kelainan jantung bawaan Metode: Penelitian ini adalah suatu literature review yang bersumber dari database PubMed dan Google Scholar dengan kriteria inklusi berupa artikel publikasi tahun 2015-2020, tersedia dalam bentuk full text, dan dipublikasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris Hasil: Hasil pencarian dari database PubMed, Google Scholardan Science Directdidapatkan 169 artikel, dan dari keseluruhan didapatkan enam artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Implementasi program edukasi berbasis pemberdayaan (empowerment based) dapat memperbaiki pengetahuan, perilaku pengasuhan, self-efficacy orangtua dan pengasuh anak dengan Penyakit Jantung Bawaan dibandingkan orangtua yang hanya diberikan edukasi seperti biasa. Edukasi dengan media audiovisual seperti foto terkait tindakan diagnosis atau prosedur yang akan dijalani anak dengan Penyakit Jantung Bawaan menjadi langkah awal yang penting. Tingkat kecemasan orangtua lebih rendah pada kelompok yang diberikan intervensi dibandingkan kontrol (M=63, SD=3.5 vs M=70, SD=2.8). Program berbasis modul dan worskop seperti intervensi Congenital Heart Disease Intervention Program (CHIP)-Family ataupun edukasi dengan program berbasis bukti Families coping terbukti dapat memperbaiki kesehatan mental dan mekanisme koping orangtua anak dengan Penyakit Jantung Bawaan. Program edukasi secara langsung dari tenaga kesehatan dengan berbasis platform online karena lebih praktis dan mudah diakses. Simpulan: Edukasi keperawatan menggunakan berbagai terbukti dapat memperbaiki mekanisme koping orangtua dari anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:23
Last Modified: 13 Dec 2021 06:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7071

Actions (login required)

View Item
View Item