Fatimah Nurul Azizah (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MUATAN STEAM DAN LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH SURYA MELATI KECAMATAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (450kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab I.pdf
Download (162kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pembelajaran menggunakan muatan STEAM dan <em>loose parts</em> dan kreativitas anak usia dini pada saat pengerjaan proyek di rumah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru, orangtua siswa dan 3 orang siswa. Analisis data dalam penelitian melalui beberapa langkah, diantaranya yang pertama menganalisis data sebelum turun lapangan, kedua reduksi data, langkah yang ketiga penyajian data kemudian yang terakhir verifikasi/memberi kesimpulan atas hasil penelitian. Selanjutnya untuk menetapkan keabsahan penelitian digunakan teknik triangulasi data yang berasal dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan muatan STEAM dan <em>loose parts</em> baik di sekolah maupun di rumah memiliki pemicu ataupun kendala, yaitu : muatan STEAM dan <em>loose parts</em> mampu meningkatkan kreativitas siswa yakni terlihat dari keahlian hasil karya menggambar dan membuat bangunan. Pemicunya berupa penggunaan material yang mudah dicari dan karakteristiknya yang disukai anak usia dini. Kendala dalam penerapan muatan STEAM dan <em>loose parts</em> adalah orangtua yang belum sepenuhnya memahami cara pengaplikasian pada saat mendampingi anak membuat karya.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:02 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7080 |