Representasi Islam Dan Kaum Minoritas Dalam Iklan Nike "You Can't Stop Us" (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)

Tiari Yudhis Pratama Ramadhan (2021) Representasi Islam Dan Kaum Minoritas Dalam Iklan Nike "You Can't Stop Us" (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Islam merupakan agama terbesar kedua dengan total pengeluaran di berbagai sektor mencapai 2,02 triliun dolar yang terus bertumbuh setiap tahun . Hal ini menjadikan umat Islam sebagai target pemasaran dunia yang cukup menjanjikan. Nike merupakan perusahaan merek olahraga terbesar yang sebagian iklannya menampilkan wanita Muslim, salah satunya “You Can’t Stop Us”. Iklan ini menampilkan keragaman manusia dari berbagai ras dan konflik kesetaraan orang kulit hitam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis wacana kritis versi Norman Fairclough. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa iklan tersebut mengandung wacana yang sengaja dikonstruksikan. Salah satunya, yaitu wacana liberalisme melalui adegan wanita Muslim dengan LGBT dalam satu gambar. Dalam iklan ini, wanita Muslim diposisikan sebagai kelompok yang tidak satu visi dengan Nike. Liberalisme hanyalah satu dari sekian banyaknya wacana yang dikonstruksikan di dalam iklan ini yang pada akhirnya merujuk pada kepentingan ekonomi kapitalis. Nike memandang umat Islam sebagai target pasar yang menjanjikan namun tidak sejalan dengan pemahaman umat Islam itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:55
Last Modified: 14 Dec 2021 02:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item
View Item