Arrafi Jihad Al Kahfi (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (225kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (102kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (25kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Karakter islami merupakan nilai-nilai keislaman yang melandasi perilaku setiap individu. Karakter islami dapat terbentuk dari program pendidikan yang diajarkan dalam sekolah. maka dari itu pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi permbentukan karakter islami seseorang, pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak ada kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut, maka dari itu kepala sekolah harus memiliki beberapa strategi yang membuat pendidikan menjadi lebih baik terutama dalam mengimplementasikan karakter islami pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan karakter islami siswa pada era pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan karakter islami siswa di era pandemi covid-19 yaitu menggunakan strategi pembiasaan yang mana siswa melakukan hal-hal pembiasaan seperti tadarus pagi sebelum dimulainya pembelajaran. Strategi keteladanan yang mana guru melakukan sifat atau perlakuan yang baik sehingga siswa meniru seuatu yang baik dari gurunya, strategi memberi nasihat yang mana guru selalu menasihati muridnya agar munculnya motivasi serta ada pendekatan secara personal lalu strategi kedisiplinan yang mana guru memberi ketegasan serta kebijaksanaan kepada siswanya demi kebaikan dan kebenaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 02:49 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 02:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7086 |