EFEKTIFITAS PELATIHAN MAUPUN PROGRAM PRECEPTORSHIP TERHADAP KETERAMPILAN PRESEPTOR DAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA: A LITERATURE REVIEW

Aloysius Gabriel Turambi (2021) EFEKTIFITAS PELATIHAN MAUPUN PROGRAM PRECEPTORSHIP TERHADAP KETERAMPILAN PRESEPTOR DAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA: A LITERATURE REVIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

<p><em>Preceptorship</em> merupakan model pembelajaran dimana mahasiswa keperawatan dipasangkan dengan <em>preceptor</em> dari lahan praktik (<em>one-to-one</em>) untuk mendapatkan pengalaman klinis dalam periode waktu tertentu didukung oleh institusi pendidikan. Meskipun <em>preceptorship</em> menjadi inti dari pendidikan klinik, tetapi juga membutuhkan restrukturisasi dan dukungan dalam pelaksanaannya sehingga berkembanglah pelatihan-pelatihan <em>preceptorship</em>. Pelatihan <em>preceptorship</em> memberikan efek penting pada kompetensi, keterampilan klinis, dan kepuasan perawat pembimbing dalam membimbing mahasiswa keperawatan tetapi tidak semua perawat <em>preceptor</em> terlatih untuk melakukan peran yang kompleks ini.<strong> Tujuan : </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelatihan <em>preceptorship</em> terhadap kualitas bimbingan mahasiswa praktik klinik. <strong>Metode : </strong>Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan <em>literature review. </em>Diakses dari pencarian internet database yaitu <em>Google Scholar</em>, <em>Pro Quest,</em> dan <em>Sciencedirect </em>dengan kata kunci <em>preceptorship</em>, <em>preceptorship training,</em> <em>preceptorship and clinical practice. </em>Dari database <em>Google Scholar </em>ditemukan artikel sebanyak 480, <em>Pro Quest</em> sebanyak 365, dan <em>Sciencedirect </em>sebanyak 327. Seterlah melalui proses <em>screening </em>dan kelayakan didapatkan 7 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. <strong>Hasil : </strong>Terdapat 4 bagian yang menjadi hasil dari pelatihan <em>preceptorship</em> dan berpengaruh terhadap kualitas bimbingan mahasiswa praktik klinik yaitu meningkatkan kompetensi klinis, mengeksplorasi persepsi perawat preceptor, meningkatan pengetahuan peserta didik/mahasiswa, menurunkan tingkat stress</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:29
Last Modified: 08 Nov 2021 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item
View Item