Aloysius Gabriel Turambi (2021) EFEKTIFITAS PELATIHAN MAUPUN PROGRAM PRECEPTORSHIP TERHADAP KETERAMPILAN PRESEPTOR DAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA: A LITERATURE REVIEW. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Bab I.pdf
Download (276kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (612kB)
Abstract
<p><em>Preceptorship</em> merupakan model pembelajaran dimana mahasiswa keperawatan dipasangkan dengan <em>preceptor</em> dari lahan praktik (<em>one-to-one</em>) untuk mendapatkan pengalaman klinis dalam periode waktu tertentu didukung oleh institusi pendidikan. Meskipun <em>preceptorship</em> menjadi inti dari pendidikan klinik, tetapi juga membutuhkan restrukturisasi dan dukungan dalam pelaksanaannya sehingga berkembanglah pelatihan-pelatihan <em>preceptorship</em>. Pelatihan <em>preceptorship</em> memberikan efek penting pada kompetensi, keterampilan klinis, dan kepuasan perawat pembimbing dalam membimbing mahasiswa keperawatan tetapi tidak semua perawat <em>preceptor</em> terlatih untuk melakukan peran yang kompleks ini.<strong> Tujuan : </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelatihan <em>preceptorship</em> terhadap kualitas bimbingan mahasiswa praktik klinik. <strong>Metode : </strong>Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan <em>literature review. </em>Diakses dari pencarian internet database yaitu <em>Google Scholar</em>, <em>Pro Quest,</em> dan <em>Sciencedirect </em>dengan kata kunci <em>preceptorship</em>, <em>preceptorship training,</em> <em>preceptorship and clinical practice. </em>Dari database <em>Google Scholar </em>ditemukan artikel sebanyak 480, <em>Pro Quest</em> sebanyak 365, dan <em>Sciencedirect </em>sebanyak 327. Seterlah melalui proses <em>screening </em>dan kelayakan didapatkan 7 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. <strong>Hasil : </strong>Terdapat 4 bagian yang menjadi hasil dari pelatihan <em>preceptorship</em> dan berpengaruh terhadap kualitas bimbingan mahasiswa praktik klinik yaitu meningkatkan kompetensi klinis, mengeksplorasi persepsi perawat preceptor, meningkatan pengetahuan peserta didik/mahasiswa, menurunkan tingkat stress</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 03:29 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7108 |