Nur Oktaviani Choliza (2020) Exploring the Benefits and the Challenges towards the Use of Short Stories in Reading Classes. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (509kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Bab I.pdf
Download (317kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (549kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (984kB)
Abstract
Membaca adalah salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran bahasa. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan membaca adalah membaca cerpen berbahasa Inggris. Cerpen memungkinkan pembaca membaca cerita dalam waktu singkat sekitar satu atau dua jam. Selain itu, para siswa dapat merasakan kesenangan tanpa kebosanan karena cerita pendek memiliki banyak variasi seperti mudah untuk diselesaikan, dan menarik. Sebagai alasan, cerita pendek memudahkan siswa untuk mengikuti alur cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan terhadap penggunaan cerita pendek di kelas membaca. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan terhadap penggunaan cerita pendek di dalam kelas membaca. Data diperoleh dengan mewawancarai tiga siswa di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Dari pernyataan tersebut, ditentukan oleh siswa yang memiliki IPK rendah, sedang, dan tinggi yang memiliki kualifikasi seperti Rendah (di bawah IPK 3.0), Sedang (IPK 3.0 - 3.5), dan Tinggi (IPK 3.5 - 4.0) untuk dapatkan kekayaan data dari berbagai jenis siswa. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ada lima manfaat dalam penggunaan cerita pendek di kelas membaca seperti meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa, meningkatkan kosa kata siswa, meningkatkan keterampilan membaca siswa, memotivasi siswa untuk berlatih membaca, dan menjadikan membaca menjadi menyenangkan. Selain itu, ada tiga tantangan dalam penggunaan cerita pendek di dalam kelas membaca seperti memiliki kesulitan dalam bahasa yang digunakan, kesulitan dalam menginterprestasi bacaan karena perbedaan budaya, dan merasa terdemotivasi untuk membaca cerita yang tidak menarik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/712 |