Nur Oktaviani Choliza (2020) Exploring the Benefits and the Challenges towards the Use of Short Stories in Reading Classes. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
Abstract
Membaca adalah salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran bahasa. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan membaca adalah membaca cerpen berbahasa Inggris. Cerpen memungkinkan pembaca membaca cerita dalam waktu singkat sekitar satu atau dua jam. Selain itu, para siswa dapat merasakan kesenangan tanpa kebosanan karena cerita pendek memiliki banyak variasi seperti mudah untuk diselesaikan, dan menarik. Sebagai alasan, cerita pendek memudahkan siswa untuk mengikuti alur cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan terhadap penggunaan cerita pendek di kelas membaca. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan terhadap penggunaan cerita pendek di dalam kelas membaca. Data diperoleh dengan mewawancarai tiga siswa di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Dari pernyataan tersebut, ditentukan oleh siswa yang memiliki IPK rendah, sedang, dan tinggi yang memiliki kualifikasi seperti Rendah (di bawah IPK 3.0), Sedang (IPK 3.0 - 3.5), dan Tinggi (IPK 3.5 - 4.0) untuk dapatkan kekayaan data dari berbagai jenis siswa. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ada lima manfaat dalam penggunaan cerita pendek di kelas membaca seperti meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa, meningkatkan kosa kata siswa, meningkatkan keterampilan membaca siswa, memotivasi siswa untuk berlatih membaca, dan menjadikan membaca menjadi menyenangkan. Selain itu, ada tiga tantangan dalam penggunaan cerita pendek di dalam kelas membaca seperti memiliki kesulitan dalam bahasa yang digunakan, kesulitan dalam menginterprestasi bacaan karena perbedaan budaya, dan merasa terdemotivasi untuk membaca cerita yang tidak menarik.
Dosen Pembimbing: | Gendroyono, S.Pd., M.Pd. | NIDN0525017501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |