Alifah Agustina (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KOMUNIKASI PROFETIK DALAM METODE PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMK MUHAMMADIYAH KOTA PRABUMULIH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (557kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Bab I.pdf
Download (128kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Komunikasi menjadi kunci utama untuk membangun sebuah relasi antar sesama sebagai manusia yang memiliki kepentingan sosial. Hal inilah yang menjadikan manusia untuk hidup saling membutuhkan satu sama lain. Dalam dunia Pendidikan, komunikasi menjadi bagian terpenting, guna menunjang keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar. Aktivitas komunikasi yang baik dan benar juga mengandung nilai-nilai, khususnya nilai-nilai ke-Islaman, sehingga komunikasi dapat digunakan sebagai pembantu dalam menyampaikan nilai-nilai kebaikan untuk menjalani kehidupan bermasyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai komunikasi profetik (transendensi, humanisasi dan liberasi) dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiyah kota Prabumulih, yang dikaitkan dengan penerapan komunikasi yang memiliki nilai-nilai profetik dalam metode pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), yakni dengan mengadakan penelitian di lapangan, dan mengamati peristiwa keseharian. Data yang dikumpulkan melalui observasi pastisipan, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif.
Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai komunikasi profetik (transendensi, humanisasi dan liberasi) dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiyah kota Prabumulih ialah: (1) Belum adanya konsep secara tekstual yang dilangsungkan dan yang dibahas mengenai komunikasi profetik, namun dapat terlihat pada program dan aktivitas kegiatan sehari-hari guru dan peserta didik di sekolah tersebut. Sementara itu, kurikulum yang digunakan ialah perpaduan kurikulum 2013 dan kurikulum Muhammadiyah, yang telah sesuai dengan konsep dan nilai profetik. (2) Implementasi komunikasi profetik diwujudkan melalui internalisasi nilai-nilai profetik yakni nilai transendensi, liberasi dengan mengadakan program persekolahan, menerapkan metode pembelajaran dan komunikasi yang saling mempengaruhi. Hal ini diterapkan melalui metode pengenalan, pemahaman, pembiasaan dan keteladanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 03:25 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7161 |