UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 41 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

GIOVANI ELMA PUSPITA (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 41 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru yang dilakukan dalam meningkatkan minat belajar PAI SMA Negeri 41 Jakarta, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SMA Negeri 41 Jakarta, dan untuk mengetahui minat belajar siswa SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran kontekstual bertujuan untuk membantu siswa memahami makna bahan ajar dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari dan guru menjadi Fasilitator berperan memberikan arahan untuk materi pembelajaran dan berusaha mengasah kreatifitas peserta didik. Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas X adalah peserta didik memiliki laptop, hp yang dapat mengakses aplikasi baik zoom maupun quizizz yang menjadi media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Faktor penghambat guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran daring adalah kuota internet terbatas dan jaringan internet yang sering bermasalah. Minat belajar siswa SMAN 41 kelas X di SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 tergolong cukup rendah dikarenakan banyak faktor seperti kurangnya pemaparan materi yang mendalam, pemberian tugas yang sangat banyak dan memiliki tenggang waktu yang sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GURU PAI, MINAT BELAJAR, SISWA. PAI TEACHERS, LEARNING MOTIVATION, STUDENT.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:38
Last Modified: 18 Dec 2021 02:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7195

Actions (login required)

View Item
View Item