DWI ASTUTI ARI SISWANDARI (2013) INTERNALISASI NILAI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) STUDI KSAUS DI MTS DAN SMP KABUPATEN GUNUNG KIDUL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (31kB)
Naskah Publikasi.docx
Download (65kB)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul " Intemalisasi Nilai-nilai Islam dalarn Pembelajaral IpS
di MTs dan SMP l(abupaten Gunungkidul" ini pada hakekatnya berlujuan ultuk :
1) mendeskripsikan konsep internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaral IpS
di sekolah negeri (MTsN Karangmojo), dan sekolah swasta (MT; Muhammacliyah
wonosari dan SMP Al Hikmah Karangmoj o), 2) mendeskripsikan pelaksanaan
intemalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS di sekolah negeri (MTsN
Karangmojo), dan sekolah swasta (MTs Muhammadiyah wonosari dan SMp Al
Hikmah Karangmojo), 3) menganalisis tingkat keberhasilan pelaksanaan
internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS di sekolah negeri (MTsN
Karangmojo), dan sekolah swasta (MTs Muhammadiyah wonosari dan SMp Al
Hikmah Karangmojo). Penelitian ini berangkat dari fenomena penurunan
moralitas pesefia didik di tengah era global yang serba kompleks. Globalisasi
telah membawa perubahan-perubahan penting dalam bentuk yang positif maupun
negatif. Oleh karena itu, sangat penting sekali intemalisasi nilai-nilai Islam di
lingkungan sekolah dalam upaya membentuk siswa berakhlak mulia.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan mixed methods yakni 'seqtLential
exploratoty'. Fokus penelitian ini adalah evaluasi program untuk mengetahui
implementasi program pendidikan yang meliputi kontek, input, proses dan output.
Teknik sampling yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah formula
statistik dengan menggunakan rumus Slovin. Dalam rangka pengumpulan data
yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik triangulasi. I(onsep internalisasi
nilai-nilai Islam dalam pembelajaran, meliputi konsep institusional yang terdapat
pada visi, misi, tujuan, dan kurikulum sekolah. Konsep individual tercermin pada
latar belakang pendidikan, usia dan keaktifan di organisasi guru IpS. Konsep pada
mata pelajaran IPS teftuang dalam Rpp masing-masing guru, di -unu iiduk
terdapat suatu acuan yang menjadi dasar untuk semua guru IpS. pengembangan
nilai dan strategi dalam pembelajaran nilai tergantung pada kreatifitas masiismasing
guru. -""-""'b
Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IpS di sekolah
negeri (MTsN Karangmojo) dan sekolah swasta (MTs Muhammadiyah Wonosari
dan sMP A1 Hikmah Karangmojo) beq'alan baik sesuai dengan konsep
internalisasi serta dipengaruhi pada komponen konteks, input, p.or", dan
kemungkinan hambatan pelaksanaan. Melalui pengamatan dan wawancara
terungkap bahwa upaya yang dilakukan kepala sekolah dan gury dalam
menciptakan iklim kondusif sekolah telah menghasilkan perubahan perilaku pada
diri siswa. Perubahan tersebut antara lain berkaitan dengan kesadaran menutup
aurat, peningkatan pengetahuan agama, peningkatan semangat beribadah, akses
kegiatan ke luar dan peningkatan kedisiplinan siswa.
Kata kunci : Internalisasi" Evaluasi.
vi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TESIS MSI 2013 INTERNALISASI NILAI ISLAM PEMBELAJARAN IPS IPS |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 03:29 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7305 |