PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM OLEH MUHAMMADAIYAH YOGYAKARTA TAHUN 1912-1945.

MARGIANTO (2005) PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM OLEH MUHAMMADAIYAH YOGYAKARTA TAHUN 1912-1945. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Muhammadiyah didirikan oleh K.H.A. Dahlan pada tanggal 18 Nopember 1912 M / 8 Dzulhijah 1330 H di Kauman Yogyakarta. Sebagai gerakan tajdid, Muhammadiyah melakukan pembaharuan-pembaharuan di berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Pembaharuan di bidang pendidikan ini disebabkan oleh dua faktor. Pertama: dominasinya sistem pesantren yang tradisional. Di samping masih kurangnya sarana dan prasarana, sistem pendidikan pondok pesantren betum memakai sistem pendidikan dan pengajaran yang bagus serta belum adanya kurikulum pendidikan. Kondisi seperti ini mengakibatkan santri-santri di pondok pesantren masih sangat terbelakang dari sisi pengetahuannya dan kurang peka terhadap perubahan sosial masyarakat sekitarnya. Kedua: adanya pihak pemerintah kolonial Belanda yang mendirikan pendidikan model barat. Pendidikan ini lebih bersifat sek-ulerisme, intelektuil dan elitis artinya hanya penduduk pribumi bangsawanlah yang dapat sekolah. Pendidilcan yang didirikan oleh Belanda ini membawa misi Kristen atau menyebarkan agama Kristen pada penduduk pribumi melalui lembaga pendiddcan. Di tengah kondisi yang memperihatinkan inilah akhirnya Muhammadiyah mendirikan lembaga pendidikan baru yang diberi nama Madrasah. Pembaharuan yang dllakukan oleh Muhammadiyah melalui Madrasah / sekolah Muhammadiyah ini dengan cara pembaharuan dalam metode pendidikan dan pengajaran, adanya sistem kurikulum pengajaran dan sistem pengorganisasian pendidikan. Di samping adanya materi / pelajaran agama yang menjadi ciri khas pendidikan Muhammadiyah juga diberikan materi umum seperti: Ilmu Hitung / ilmu Pasti (Matematika), ilmu bintang / ilmu falaq, ilmu sejarah dan imu bahasa yang mencakup bahasa Melayu, bahasa 1ndonesia dan bahasa Belanda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TESIS KHA DAHLAN MUHAMMADIYAH SEJARAH PEMBAHARUAN
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:06
Last Modified: 26 Aug 2022 02:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7466

Actions (login required)

View Item
View Item