MOH NAJIB SUDARMAWAN (2003) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SEKOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (283kB)
Bab I.pdf
Download (125kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
Abstract
Sekolah Meneugah Kejuruan (SMK) adalah satuan pendidikan yang mcnyelenggarakan jcnjang pendidikan menengah, dengan program studi keahlian untuk menggali potensi di dalam dan di luar sekolah guna menghasilkan tamatan yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Kurikulum SMK mempakau susunan bahan kcgiatan dan pelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yang di antara kajian mata pelajarannya adalah pendidikan agarna Islam. Tujuan pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah adalah nntuk meningkatkatt kmalitas. ,r,emaharnan, penghayatan dan pengamalan siswa tentang agarna Islam, sehingga menjadi rnuslim yang cerdas dan seintbang, yaiturn.ertjadi sertrang muslim yans:,!. herilmn pettsjtetahuan d.an sekaligus bertman. dan bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Guru pendidikan agama Islarn mempurtyai peran yang dominan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Maka diperlukan pendidikan yang dapat memberikan pelayanan yang pritna dalam, bidang agama Islam kepada pescrta didik yang memadai sesuai dengan tujuan. Oleh karena itu guru petactidikan agama Tslam hams mempunyai keAtdian khusus dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peran guru pendidikan agarna Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah se Kota Yogyakarta, yang meliputi proses kegiatan belajar mengajar dalam kelas mapun di luar kelas. Penentian teritadap peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa adatah sikap dan perilaku guru pendidikatt agarna Islam yang diwujudkan dalam bentuk keteladanan. Keteladanan merupakan salah satu bentuk pembinaan yang.paling efektif, sehingp,a dalam pembinaan akhlak. tersebut diharapkan lebih baik dan optimal.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AKHLAK SISWA |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 02:18 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 02:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7472 |