Tri Setiawan (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA KULIAH CHUJOUKYU MOJI GOI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode kooperatif make a match pada mata kuliah moji goi atau kosakata bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif dan respon peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran moji goi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tingkat II kelas A tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 14 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah pretest, posttest, dan kuesioner. Data nilai yang diperoleh pada pretest dan posttest adalah nilai thitung= 1,472 yang diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada db 12 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1.78229 Kemudian, berdasarkan hasil uji kriteria keefektifan dengan menggunakan Normalized gain diperoleh nilai Normalized gain kelas eksperimen adalah 0,61702. Sedangkan nilai Normalized gain kelas kontrol adalah 0,06818. Sehingga Normalized gain kelas eksperimen lebih besar dari pada dari Normalized gain kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif digunakan pada mata kuliah Chujoukyu Moji Goi. Hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa menunjukkan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata kuliah Chujoukyu Moji Goi sangat baik dan diterima oleh mahasiswa dengan positif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data mhasiswa yang menjawab kegiatan pembelajaran menggunakan model make a match yang dirancang membuat suasana dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan, dan mahasiswa lebih merasa termotivasi dalam belajar.
Dosen Pembimbing: | Wistri Meisa, S.Pd., M.Pd. | NIDN0508058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |