Tri Setiawan (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA KULIAH CHUJOUKYU MOJI GOI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (548kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (256kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (568kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (25kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (892kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode kooperatif make a match pada mata kuliah moji goi atau kosakata bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif dan respon peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran moji goi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tingkat II kelas A tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 14 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah pretest, posttest, dan kuesioner. Data nilai yang diperoleh pada pretest dan posttest adalah nilai thitung= 1,472 yang diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada db 12 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1.78229 Kemudian, berdasarkan hasil uji kriteria keefektifan dengan menggunakan Normalized gain diperoleh nilai Normalized gain kelas eksperimen adalah 0,61702. Sedangkan nilai Normalized gain kelas kontrol adalah 0,06818. Sehingga Normalized gain kelas eksperimen lebih besar dari pada dari Normalized gain kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif digunakan pada mata kuliah Chujoukyu Moji Goi. Hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa menunjukkan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata kuliah Chujoukyu Moji Goi sangat baik dan diterima oleh mahasiswa dengan positif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data mhasiswa yang menjawab kegiatan pembelajaran menggunakan model make a match yang dirancang membuat suasana dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan, dan mahasiswa lebih merasa termotivasi dalam belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/785 |