Fadilatulmar'i (2020) THE STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF ROLEPLAY IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (326kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Bab I.pdf
Download (207kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
Abstract
Roleplay adalah salah satu teknik pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris. Meskipun, terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menampilkan roleplay dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa dalam penggunaan roleplay mencakup hambatan, strategi, dan manfaat. Peneliti menggunakan bentuk deskripsi dalam pendekatan kualitatif untuk mecapai tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas Muhammadiyah di Yogyakarta. Partisipan penelitian ini adalah lima orang mahasiswa pendidikan bahasa inggris angktan 2016. Peneliti melakukan interview untuk mengumpulkan data berdasarkan pengalaman dari partisipan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa menghadapi hambatan, strategi, dan manfaat dalam melakukan roleplay. Hambatan tersebut adalah kesulitan dalam menghafal naskah, kesulitan membuat naskah, kurang percaya diri, membutuhkan banyak waktu dalam mempersiapkan roleplay, kesulitan pengucapan kata, kesulitan grammar, dan kurangnya kosakata. Strategi tersebut adalah membaca berulang dan perbanyak latihan, diskusi grup,santai dan mengindari kontak langsung dengan audiens, fokus pada hal penting, mempelajari grammar, dan mencari referensi. Manfaat roleplay yaitu meningkatkan kemampuan berbicara, menambah kosakata, meningkatkan percaya diri, meningkatkan grammar, kreativitas, dan kemampuan bekerjasama.
Keyword: Roleplay, teknik pembelajaran, manfaat, hambatan, strategi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 06:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/788 |