THE STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF ROLEPLAY IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING

Fadilatulmar'i (2020) THE STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF ROLEPLAY IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Roleplay adalah salah satu teknik pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris. Meskipun, terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menampilkan roleplay dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa dalam penggunaan roleplay mencakup hambatan, strategi, dan manfaat. Peneliti menggunakan bentuk deskripsi dalam pendekatan kualitatif untuk mecapai tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas Muhammadiyah di Yogyakarta. Partisipan penelitian ini adalah lima orang mahasiswa pendidikan bahasa inggris angktan 2016. Peneliti melakukan interview untuk mengumpulkan data berdasarkan pengalaman dari partisipan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa menghadapi hambatan, strategi, dan manfaat dalam melakukan roleplay. Hambatan tersebut adalah kesulitan dalam menghafal naskah, kesulitan membuat naskah, kurang percaya diri, membutuhkan banyak waktu dalam mempersiapkan roleplay, kesulitan pengucapan kata, kesulitan grammar, dan kurangnya kosakata. Strategi tersebut adalah membaca berulang dan perbanyak latihan, diskusi grup,santai dan mengindari kontak langsung dengan audiens, fokus pada hal penting, mempelajari grammar, dan mencari referensi. Manfaat roleplay yaitu meningkatkan kemampuan berbicara, menambah kosakata, meningkatkan percaya diri, meningkatkan grammar, kreativitas, dan kemampuan bekerjasama.
Keyword: Roleplay, teknik pembelajaran, manfaat, hambatan, strategi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:15
Last Modified: 23 Oct 2021 07:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item
View Item