ROSE HAMIDA (2013) PERBEDAAN CARA KEBIASAAN MINUM SUSU TERHADAP TINGKAT KEPARAHAN RAMPAN KARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. (KAJIAN PADA TK BUDI MULIA DUA TAMAN SISWA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Naskah Publikasi.pdf
Download (70kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (932kB)
Abstract
Rampan karies adalah karies yang meliputi beberapa gigi, terjadi dengan
cepat, dan biasanya terjadi pada gigi sulung. Salah satu penyebab rampan karies
pada anak adalah kebiasaan minum susu menggunakan botol susu hingga tertidur.
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak yang tidak minum susu
menggunakan botol menjelang tidur memiliki kemungkinan lebih kecil untuk
terserang karies dibandingkan anak yang minum susu menggunakan botol
menjelang tidur. Selain itu, lamanya penggunaan botol juga berhubungan dengan
terjadinya karies dimana anak yang menggunakan gelas pada usia lebih awal
memiliki resiko lebih rendah untuk terserang karies.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan cara kebiasaan
minum susu menggunakan botol, gelas, dan keduanya (botol dan gelas) terhadap
tingkat keparahan rampan karies pada anak usia prasekolah. Penelitian dilakukan
pada anak TK Budi Mulia Dua Tamansiswa yang berusia 3-6 tahun. Data
mengenai cara kebiasaan minum susu didapat dari kuesioner yang diberikan
kepada orang tua mereka. Tingkat keparahan rampan karies diukur berdasarkan
area gigi yang terserang menurut kategori Dilley.
Sebanyak 26 anak dari 51 anak yang diperiksa mengalami rampan karies
berdasarkan kategori Dilley. Tiga diantaranya menggunakan botol untuk minum
susu, 19 anak menggunakan gelas, dan 4 anak menggunakan keduanya.
Kata kunci: rampan karies, Dilley, cara minum susu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEBIASAAN MINUM SUSU RAMPAN KARIES USIA PRASEKOLAH |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 03:29 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7892 |