MAZLAN (2013) PENGARUH ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ISMUBA (KASUS PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TH. AJARAN 2012/2013). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Ismuba, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode sampel karena jumlah siswa lebih dari 100 orang. Untuk pengumpulan data digunakan metode angket untuk variabel pola asuh orangtua dan motivasi belajar siswa, serta metode dokumentasi untuk variabel prestasi belajar Ismuba. Dari 127 angket yang disebar semuanya bisa diolah datanya dan angket berbentuk pilihan dengan empat alternatif jawaban. Untuk menguji hubungan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar Ismuba, serta hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar Ismuba menggunakan tekhnik analisis product moment. Sedangkan untuk menguji hubungan antara pola asuh orangtua dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar Ismuba menggunakan tekhnik analisis korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar Ismuba ditunjukkan oleh nilai t hitung (1,992) > t tabel (1,960) dengan taraf signifikansi 0,049. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Ismuba ditunjukkan oleh nilai t hitung 8,173 > t tabel 1,960 dengan nilai signifikansi 0,000. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara pola asuh orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Ismuba. Hal ini terbukti dari hasil uji F yaitu diperoleh nilai F hitung 38,508 > F tabel 3,07 dengan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi ( R Square ) sebesar 0,383. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar Ismuba dipengaruhi oleh faktor pola asuh orangtua dan motivasi belajar siswa sebesar 38,3%, sisanya 61,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar Ismuba
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR PRESTASI BELAJAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 05:29 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 05:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7907 |