STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT. BUDIMAN SUBRATA NIAGA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KLIEN

FAMMY FERDIAN (2013) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT. BUDIMAN SUBRATA NIAGA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KLIEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahan di era kompetisi bisnis yang semakin ketat seperti saat ini. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menentukan strategi yang tepat agar perusahaan tetap mampu bertahan di tengah persaingan, mempunyai keunggulan kompetitif serta dapat meningkatkan profitabilitasnya. Untuk tetap bertahan dan berkembang, fokus pada pelanggan merupakan kunci mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan dalam persaingan bisnis saat ini. Banyak perusahaan menempatkan isu hubungan pelanggan (Customer Relations) sebagai salah satu program dalam menyusun strateginya. Dalam Customer Relations diperlukan komunikasi antara perusahaan dengan pihak-pihak terkait yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya. Komunikasi yang terjalin bukanlah monolog atau satu arah, namun diperlukan adanya dialog yaitu melibatkan dua pihak atau lebih dalam proses saling memberi dan menerima informasi.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Customer Relations PT Budiman Subrata Niaga dalam mempertahankan loyalitas klien, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui strategi Customer Relations PT Budiman Subrata Niaga dalam mempertahankan loyalitas klien. Hasil penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif, artinya data yang didapat akan dilaporkan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi Customer Relation PT Budiman Subrata Niaga dalam mempertahankan loyalitas klien adalah dengan 1). Menjaga kepercayaan klien, salah satunya dengan cara mendengarkan dan memprioritaskan penanganan sesegera mungkin terhadap keluhan pelanggan, 2) Komitmen perusahaan dengan selalu menjaga dan mengupayakan tujuan memperoleh keuntungan perusahaan yang menjadi kliennya, 3) Komunikasi dilakukan baik secara formil maupun non formil, yakni dengan mengirimkan brosur-brosur penawaran program secara rutin maupun melalui kontak telepon secara personal, 4) Pendekatan personal dilakukan dengan berbagai sarana, diantaranya Customer Gathering, Hotline Services, Customer After Sales Service, maupun program-program Customer Retention lain, 5)Pendekatan konsultatif dengan memposisikan diri sebagai konsultan yang siap mendengarkan, memberikan saran dan menjadi solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh klien. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan hendaknya pihak perusahaan lebih meningkatkan hubungan yang lebih personal dan intesif kepada klien dan terhadap klien yang loyal, hendaknya perusahaan memberi penghargaan, antara lain dengan reward.

Kata Kunci : Strategi, Customer Relation, loyalitas, klien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI CUSTOMER RELATION LOYALITAS, KLIEN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:28
Last Modified: 09 Aug 2022 02:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8050

Actions (login required)

View Item
View Item