STRATEGY PROGRAMMING DI RADIO JIZ FM YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PENDENGAR DAN PENGIKLAN 2012

TRIJOKO BAMBANG MURDIANTO (2013) STRATEGY PROGRAMMING DI RADIO JIZ FM YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PENDENGAR DAN PENGIKLAN 2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (22kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (19kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (22kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Radio JIZ FM merupakan stasiun radio yang menyajikan sajian siarannya di dominasi oleh musik juga hiburan program acara dan informasi ringan di dalamnya. Dengan semakin berkembangnya perindustrian stasiun radio di kota Yogyakarta, ternyata membuat pendengar akan lebih memilih-milih radio yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan masing-masing. Dilihat dari umur radio JIZ FM dalam bersiaran yang baru dimulai 9 Agustus 2010, maka dibutuhkan sebuah strategi programming untuk bisa meraih pendengar dan pengiklan untuk bisa mengembangkan perusahaannya. Objek dari penelitian ini adalah radio JIZ FM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi programming yang dilakukan oleh radio JIZ FM dalam meningkatkan pendengar dan pengiklan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah kantor stasiun radio JIZ FM Jl. Kesejahteraan sosial, No.63, Sonosewu, Yogyakarta. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan 4 orang informan, yaitu General Affair, Program Director, Pengiklan dan pendengar. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan juga didukung dengan beberapa data dari studi pustaka. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, kemudian di uji dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.

Dengan demikian, penulis melakukan penelitian mengenai strategi programming radio JIZ FM dalam meningkatkan pendengar dan pengiklan. Dan dari penelitian ini dapat diketahui strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan metode research driven dan untuk di lapangan menggunakan market driven didukung juga dengan proses perencanaan, implementasi dan evaluasi. Target pendengar dan juga pengiklan yang ada di radio JIZ FM uga mengalami peningkatan di setiap tahunnya, hal ini menunjukan bahwa strategi programming yang tertuang di siaran radio JIZ FM sudah efektif dalam mencapai tujuannya.

Kata Kunci: Strategi programming, market driven, meningkatkan pendengar dan pengiklan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:34
Last Modified: 09 Aug 2022 02:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item
View Item