BORE UP MOTOR EMPAT LANGKAH 180 CC BERTRANSMISI MATIC DENGAN VARIASI KEPALA PISTON

LILIK PURNOMO (2013) BORE UP MOTOR EMPAT LANGKAH 180 CC BERTRANSMISI MATIC DENGAN VARIASI KEPALA PISTON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Bore up sering dilakukan pada motor - motor balap road race dan drag race, seiring dengan berkembangnya zaman modern banyak keingintahuan masyarakat terhadap kinerja motor bore up terutama pada remaja yang menyukai dunia otomotif. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan membandingkan kinerja mesin motor matic empat langkah sebelum dan setelah dilakukan bore up dalam pengujian daya (P), torsi (T) dan konsumsi bahan bakar.

Metode penelitian ini menggunakan motor matic standar dan motor matic bore up 180 cc dengan variasi kepala piston Dome dan kepala piston Flat. Data yang didapatkan saat melakukan penelitian adalah daya, torsi dan konsumsi bahan bakar (mf). Alat yang digunakan adalah motor matic standar dan motor matic bore up 180 cc dengan menggunakan alat dynamometer dan metode pengambian data dengan metode throttle spontan yaitu pada putaran mesin 4000 rpm kemudian throttle dibuka secara spontan sampai membuka penuh dan throttle per rpm yaitu dimulai dari putaran mesin 5000 – 9000 dengan kenaikkan 1000 rpm pada setiap pengujian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan perubahan volume silinder (Bore up) dengan menggunakan berbagai macam variasi kepala piston dapat meninggkatkan performance mesin yang signifikan. Nilai rata - rata presentase kenaikan daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar adalah dibandingkan dengan hasil pada motor matic standar. Pada motor matic standar daya maksimal didapat pada 8,2 kW pada putaran mesin 7444 rpm, dan torsi maksimum terdapat pada 12,92 N.m pada putaran mesin 4539 rpm, Untuk konsumsi bahan bakar (mf) pada putaran mesin 5000 rpm 0,826 kg/jm. Pada motor matic bore up 180 cc dengan variasi kepala piston 1 (Flat) pada pengujian didapatkan daya maksimal 13,9 kW pada putaran 5705 rpm dengan nilai persentase kenaikan 69,51% dan torsi 17,99 N.m pada putaran 5047 rpm dengan kenaikan persentase 39,45%. Untuk konsumsi bahan bakar (mf) pada putaran mesin 5000 rpm 1,187 kg/jm dengan kenaikan persentase 43,70%. Kinerja Motor matic bore up 180 cc dengan variasi kepala piston 2 (Dome) pada pengujian didapat daya 14,3 kW pada putaran mesin 6446 rpm dengan persentase 74,39% dan torsi 17,61 N.m pada putaran 5592 rpm dengan nilai persentase 36,51%. Untuk konsumsi bahan bakar (mf) pada putaran mesin 5000 rpm 1,033 kg/jm dengan persentase 72,37%.

Kata Kunci: matic, Bore up, variasi kepala piston, daya (P), torsi (T), konsumsi bahan bakar (mf), persentase (%)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MATIC BORE UP KONSUMSI BAHAN BAKAR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:09
Last Modified: 08 Aug 2022 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item
View Item