Rifqi Aufa Misbakhuddin (2020) MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ISMUBA DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (147kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5kB)
Bab I.pdf
Download (132kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui manajemen kelas dalam peningkatan efektivitas pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Kasihan dan faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas dalam peningkatan efektivitas pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Kasihan. Kemudian subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran ISMUBA dan siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas dalam peningkatan efektifitas pembelajaran ISMUBA di SMA Muhammadiyah Kasihan sudah cukup baik namun belum maksimal karena waktu pada saat proses pembelajaran ISMUBA banyak dihabiskan oleh guru untuk mengkondisikan siswa, walaupun guru sudah sesuai tahapan manajemen kelas. Lalu beralih ke persiapan mengajar yaitu guru mempersiapkan materi dan media atau alat peraga. Kemudian dalam pengelolaan kelas guru ISMUBA melakukan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran yang mencakup: pengelolaan siswa, pengelolaan waktu, dan pengelolaan saran prasarana pada proses pembelajaran. lalu guru juga melakukan pendekatan yang dilakukan seperti pendekatan kekuasaan, pendekatan pembelajaran, pendekatan tingkah laku, pendekatan sosio-emosional, dan pendekatan kerja kelompok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:39 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/81 |