PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN, INSTITUSIONAL, LEVARAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TEHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YG TERDAFTAR DI ....

MARIYAH (2013) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN, INSTITUSIONAL, LEVARAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TEHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YG TERDAFTAR DI .... S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (36kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (20kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (34kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan yang berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan yang menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian ekonomi, sosial dan lingkungan. Berkembangnya pemahaman terhadap konsep CSR tidak hanya berkembang di ekonomi konvensional akan tetapi juga berkembang di ekonomi syariah. Perkembangan konsep CSR di ekonomi syariah atau yang sering disebut Islamic Social Reporting (ISR) yang tidak hanya untuk membantu para pengambil keputusan muslim akan tetapi juga untuk membantu perusahaan, terutama perusahaan yang sesuai dengan ketentuan syariah, dalam rangka pemenuhan kewajiban terhadap Allah SWT dan masyarakat sekitar. Maka dapat dirumuskan permasalahannya bagaimana pengaruh kepemilikan manajemen (KM), kepemilikan institusional (KI), leverage (Debt), Profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (lnSize) terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajemen (KM), kepemilikan institusional (KI), leverage (Debt), Profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (lnSize) terhadap Islamic Social Reporting (ISR).
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di daftar efek syariah dan mempublikasikan laporan keuangan tahun 2009-2012. Sampel yang digunakan adalah 89 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Menganalisis data menggunakan alat bantu software SPSS 16. Dari hasil uji variabel kepemilikan manajemen (KM), leverage (Debt), Profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (lnSize) tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting (ISR), tetapi variable kepemilikan institusional (KI) berpengaruh positif terhadap Islamic Social Reporting (ISR).

Kata kunci: Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, Ukuran perusahaan, dan Islamic Social Reporting

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: 129 KEPEMILIKAN AKT 2013 MANAJEMEN INSTITUSIONAL LEVERAGE PROFITABILITAS ISLAMIC SOCIAL REPORTING
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2022 07:55
Last Modified: 23 Jul 2022 07:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item
View Item