PERANCANGAN PASAWAT MODEL SOLAR POWERED FIXED-WING HANDLAUNCH AERIAL VEHICLE (SOLFIX-UAV) PEMANTAU TITIK API KEBAHARAN HUTAN.

LIYU PAWORO UTOMO (2013) PERANCANGAN PASAWAT MODEL SOLAR POWERED FIXED-WING HANDLAUNCH AERIAL VEHICLE (SOLFIX-UAV) PEMANTAU TITIK API KEBAHARAN HUTAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebakaran hutan di Indonesia harus dicegah dan ditanggulangi secara baik dan benar. Salah satu teknologi pemantau kebakaran hutan yang belum banyak dikembangkan yaitu pesawat model fixed-wing dengan menggunakan solar cell sebagai sumber tenaga (solar powered), dilemparkan dengan tangan pada awal penerbangan (handlaunch) dan menggunakan sistem unmanned aerial vehicle (UAV). Untuk itu perlu dirancang pesawat model solar powered fixed-wing handlaunch unmanned aerial vehicle (SolFix-UAV) pemantau titik api kebakaran hutan. Metode perancangan dimulai dengan kebutuhan perancangan yaitu plyload maksimal 1.000 g, radius kontrol 5 km, jarak jelajah 5 km, waktu terbang 2 jam dan luas area pemantauan 10.000 m2 pada ketinggian survei 100 m. Kemudian dilakukan perhitungan dan perancangan struktur pesawat model (perancangan sayap, ekor, body dan propeller) dan perancangan sistem dan instrumentasi (perancangan sistem UAV, sistem solar powered dan sistem pemantau) dengan menggunakan software desain teknik. Berdasarkan asumsi tersebut didapat rancangan dengan dimensi panjang sayap 1.700 mm, panjang body 1.000 m, korda 250 mm dan sudut hedral 10o . Aspect rasio sayap sebesar 6,87, efisiensi sayap sebesar 89 %, koefisien angkat sebesar 1,21, koefisien tahan sebesar 0,15, angka Reynolds sebesar 3,69 x104 , kecepatan jelajah 2,18 m/s, kecepatan terbang optimum sebesar 7,43 m/s, bobot total pesawat 1,739 kg, airfoil yang digunakan pada sayap yaitu NACA 6409 sedangkan airfoil ekor menggunakan NACA 0009 simetris. Hasil perhitungan struktur pesawat didapat luas sayap sebesar 421.000 mm2 , W/S sebesar 41,31 g/dm2 dan pada body menggunakan komposit matrik epoxy serat karung. Instrumentasi yang terdapat di pesawat yaitu motor DC brushless, ESC, servo, solar cell-solar charger sebagai sistem pengisian, baterai LiPo, Autopilottranceiver versi APM2 untuk sistem UAV, kamera inframerah untuk sistem pemantau, video sender-video receiver dan Tx-Rx. Kemudian dilakukan simulasi desain 3D berupa simulasi airflow dan stress analysis, dan pembuatan model pesawat SolFix-UAV berbahan styrofoam serta uji terbang model SolFix-UAV dengan teknik handlaunch.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *159 PESAWAT SOLAR POWERED TITIK API KEBAKARAN HUTAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:57
Last Modified: 24 Dec 2021 02:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item
View Item