GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN RESTORASI RESIN KOMPOSIT OLEH DOKTER GIGI MUDA DI RSGMP UMY.

MARIO FEBRIANTO (2013) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN RESTORASI RESIN KOMPOSIT OLEH DOKTER GIGI MUDA DI RSGMP UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Karies merupakan suatu kerusakan jaringan keras gigi yaitu email, dentin, dan sementum yang disebabkan oleh aktivitas suatu mikroorganisme yang ditandai dengan demineralisasi jaringan keras yang kemudian diikuti oleh kerusakan bahan organiknya. Gigi yang berlubang atau rusak dapat diperbaiki dengan cara ditumpat, salah satunya menggunakan resin komposit. Tujuan restorasi di kedokteran gigi adalah untuk mengganti struktur gigi yang terkena penyakit atau hilang dengan menggunakan bahan yang dapat mengembalikan fungsi dan penampilannya. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan. Jika kinerja berada di bawah harapan, pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien yang melakukan restorasi resin komposit oleh dokter gigi muda di RSGMP UMY. Jenis penelitian berupa deskriptif dengan pendekatan crossectional. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Responden merupakan pasien yang melakukan perawatan restorasi resin komposit oleh dokter gigi muda di xv RSGMP UMY. Instrumen yang menggunakan DSQ (Dental Satisfaction Quesioner) yang dimodifikasi. Kuesioner ini terdiri dari 19 butir pertanyaan yang terbagi dalam 5 dimensi (ukuran) kualitas pelayanan yaitu Tangible (bukti fisik), Emphaty (empati), Responsiveness (daya tanggap), Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan). pengukuran Analisis data menggunakan uji Statistik deskriptif. Dari penelitian ini didapatkan hasil kepuasan secara keseluruhan dari 100 responden yang telah melakukan pelayanan perawatan restorasi resin komposit di RSGMP UMY menyatakan memuaskan dengan prosentase sebesar 69,63% dan dimensi yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan adalah dimensi tangible dengan prosentase sebesar 78%.
Kata Kunci : restorasi resin komposit, kepuasan, dokter gigi muda, RSGMP UMY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPUASAN PASIEN KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN RESTORASI RESIN KOMPOSIT RSGMP UMY
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:22
Last Modified: 24 Dec 2021 02:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item
View Item