STUDI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA.

NURUL HIDAYAH YUSLIANA (2013) STUDI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: Isi MateridanNilai-nilaiSejarahKebudayaan Islam dalam Novel 99 Cahaya di LangitEropa. Penelitianinimerupakanpenelitiankepustakaan (library research).Metode yang digunakanuntukmengumpulkan data adalahmetodedokumen. Data penelitian yang terkumpulkemudiandianalisisdenganmenggunakanmetodedeskriptifuntukmendiskripsikan novel 99 Cahaya di LangitEropa, metodeanalisisisi (content analysis)untukmengungkapkanisibukudalam novel 99 Cahaya di LangitEropa, danmetodehermeneutikapenelitigunakandalammenafsirkanataumenginterpretasikanpesanisibukudenganmemahamimakna yang tersembunyidalambuku. Novel “99 Cahaya di LangitEropa”ditulisolehHanumSalsabielaRaisdanRanggaAlmahendraditerbitkanoleh PT GramediaPustakaUtamapadatahun 2011 terdiridari 392 halamandan10 bagian.
Adapunisimateri Sejarah Kebudayaan Islam dalam novel 99 Cahaya di LangitEropayaitudibagimenjadiduayaitusejarahkebudayaan Islam padamasalampaudansejarahkebudayaan Islam padamasasekarang. Disampingitujugaterdapatnilai- nilaisejarahkebudayaan Islam yang dapatdiambildari novel iniyaitunilaikejujuran, nilaikeikhlasan, nilaikerukunan dan toleransi, nilai seni dan arsitektur, nilai sejarah dan nilai pluralisme.
Berdasarkanhasilpenelitianinidiharapkansebagaiinformasidanmasukanbagimahasiswa, parapembaca, parapenelitidansemuapihak di lingkunganFakultas Agama Islam (PAI).
Kata Kunci: NilaiPendidikan Islam, Novel 99 Cahaya di LangitEropa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ISLAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2022 09:36
Last Modified: 29 Aug 2022 09:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item
View Item