STRATEGI PROMOSI DAN INVESTASI SEKTOR PARIWISATA OLEH PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA MATARAM/NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2010-2011)

NURHAYATI (2013) STRATEGI PROMOSI DAN INVESTASI SEKTOR PARIWISATA OLEH PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA MATARAM/NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2010-2011). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen strategis merupakan rumusan perencarulan komprehenshif tentang bagaimana sektor pariwisata dipromosikan dan menarik investor oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satu alasan untuk mendukung pariwisata karena, pariwisata akan bermanfaat bagi pertumbuhan pembangunan baik ditingkat pusat maupun di daerah. Meskipun demikian baik alasan perlunya pariwisata, namun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai permasalahan yang cukup kompleks yang memerlukan penanganan serius bagi pemerintah daerah. Permasalahan seperti promosi pariwisata yang dimiliki Kota Mataram dan invesatasi sektor pariwisata merupakan fenomena umum yang sering Nampak kepermukaan. Berpijak dari dasar pemikiran tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram dalam promosi dan investasi sektor pariwisata dan bagaimana mengelola promosi untuk menarik investasi sektor pariwisata.

Penelitian ini bertujuan untuk;(l) Mengetahui strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram dalam meningkatkan investasi sektor pariwisat4 Q) mendeskipsikan kebijakan promosi untuk menarik investasi sektor pariwisata. Penelitian strategi prbmosi dan investasi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam analisis data, diawali dengan menghimpun data melalui metode kepustakaan (dokumentasi), observasi dan wawancara.

Hasil Penelitian ini menyimpulkan; pertama, Strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram dalam promosi dan investasi sektor pariwisata yang sudah dilaksanakan seperti promosi pariwisata tingkat nasional maupun intemasional, promosi melalui media cetak, promosi melalui media elektronik (internet), pameran dan event kepariwisataan, pagelaran festival kesenian dan antraksi budaya di obyek wisata. Cara promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram berupa meningkatkan prasarana penunjang obyek wisata, menciptakan regulasi pembinaan dan pengawasan iklim usaha bidang pariwisata, menjalin kerjasama dengan bPPD, PHRI, ASITA dan institusi lainnya. kendala yang dihadapi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram yaitu Kota Mataram memiliki obyek wisata yang terbatas diantaraKabupaten lainnya di NTB, Sumber Daya Manusia bidang kepariwisataan belum memadai serta terbatasnya tenaga ahli di bidang pariwisata, Sarana dan Prasaranan disekitar obyek wisata masih minim, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pariwisata serta Kurangnya penataan terhadap pedagang kaki lima disepanjang obyek wisata Kota Mataram. Kedua, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram dalam mengelola promosi untuk menarik investasi pariwisata yaitu memfasilitasi permohonan perizlnan pinanaman modal dengan gratis serta pelayanannya tidak berbelit-belit yang memudahkan para investor menanamkan modalnya disektor pariwisata, selanjutnya investasi dalam mengembangkan obyek pariwisata yaitu meningkatkan pengembangan obyek wisata Kota Mataram seperti pengembangan destinasi pariwisata, -Pengembangan kemitraan, Pengelolaan keragaman budaya, Pengembangan nilai budaya, dan pengelolaankekayaan budaya, dan investasi untuk penguatan modal pelaku pariwisata Kota Mataramberupa pelatihan standarisasi manajemen pelayanan guidelhotel/restoran dan prarnuwiiata, Penyuluhan terhadap kelompok sadar wisata dan sapta_pesona, pengiriman

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategic management, investment and promotion of tourism sector
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:36
Last Modified: 28 Feb 2024 06:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item
View Item