PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGI VARIABEL PEMEDIASI PADA PT MADU BARU.

RISKA RIZKIANA (2014) PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGI VARIABEL PEMEDIASI PADA PT MADU BARU. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Pada era globalisasi, perkembangan dunia bisnis tidak hanya berbicara mengenai keuntungan dan kegiatan produksi saja. Namun belakangan muncul pandangan bahwa lingkungan sosial merupakan bagian penting dalam perkembangan kegiatan bisnis bagi perusahaan. Maraknya kerugian yang dialami oleh suatu komunitas masyarakat karena kerusakan lingkungan hidup tempat mereka tinggal akibat beroperasinya suatu perusahaan, menimbulkan pandangan negatif masyarakat terhadap keberadaan suatu perusahaan. PT Madu Baru merupakan salah satu perusahaan yang secara aktif melakukan kegiatan tanggung jawab sosial sebagai wujud tanggung jawabnya kepada masyarakat. Kegiatan tanggung jawab sosial dapat menciptakan reputasi perusahaan. Dan adanya reputasi yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan menggunakan alat analisis jalur (path analysis). Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan PT Madu Baru yang juga merasakan dampak positif dan terlibat dalam kegiatan CSR PT Madu Baru sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan datanya adalah melalui penyebaran kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial terhadap loyalitas pelanggan dengan reputasi perusahaan sebagai variabel pemediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reputasi perusahaan tidak memediasi pengaruh antara tanggung jawab sosial terhadap loyalitas pelanggan, (2) tanggung jawab sosial secara parsial (individu) berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan, (3) reputasi perusahaan secara parsial (individu) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (4) tanggung jawab sosial secara parsial (individu) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa tanggung jawab sosial dan reputasi perusahaan menjadi beberapa faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT Madu Baru. Kata kunci : tanggung jawab sosial, reputasi perusahaan, loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: MM 2014 TANGGUNG JAWAB SOSIAL LOYALITAS PELANGGAN REPUTASI PERUSAHAAN VARIABEL PEMEDIASI PT MADU BARU
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 09:39
Last Modified: 10 Jun 2022 09:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8420

Actions (login required)

View Item
View Item