EVALUASI FASILITAS PARKIR SEPEDAMOTOR DAN MOBIL MIROTA KAMPUS DAERAH BULAKSUMUR SLEMAN YOGYAKARTA

NUR ILHAM SYAHPUTRA (2013) EVALUASI FASILITAS PARKIR SEPEDAMOTOR DAN MOBIL MIROTA KAMPUS DAERAH BULAKSUMUR SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (169kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (48kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.doc
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Parkir adalah meletakkan atau menyimpan kendaraan disuatu tempat tertentu yang lamanya tergantung kepada selesainya keperluan dari pengendara tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akumulasi parkir, volume parkir, satuan ruang parkir, konfigurasi parkir, indeks parkir, headway parkir, turnover dan durasi parkir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan dilakukan penelitian di lapangan yang terdiri dari data primer meliputi survey pencatatan plat nomor sepeda motor dan mobil yang masauk dan keluar Mirota Kampus Swalayan Yogyakarata.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Akumulasi parkir maksimal terjadi di areal parkir sepeda motor Mirota Kampus Swalayan sebanyak 200 kendaraan/15 menit. Volume parkir maksimal terjadi di areal parkir sepeda motor Mirota Kampus Swalayan terjadi pada hari Minggu sebanyak 27 kendaraan. Konfigurasi parkir sepeda motor yang ada di areal parkir Mirota Kampus Swalayan menggunakan pola parkir pulau, sedangkan untuk mobil pola parkir yang digunakan adalah pola parkir menyudut (sudut 60°). Tingkat turnover sepeda motor maksimal sebesar 3 Kendaraan/Hari/Ruang dan mobil maksimal sebesar 4 kendaraan/hari/ruang. Indeks parkir rata-rata dan maksimum sepeda motor pada hari Sabtu sebesar 58,91 % dan 88,88 % serta didapat indeks parkir rata-rata dan maksimum mobil sebesar 49,74 % dan 87,10 %. Dari analisis didapat Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) pada areal parkir Mirota Kampus Swalayan adalah untuk sepeda motor 300 m² dan mobil sebesar 310,5 m². Nilai Headway rata-rata total untuk sepeda motor pada hari Sabtu dan Minggu sebesar 2,10 menit dan 3,94 menit serta untuk mobil Headway rata-rata total pada hari Sabtu dan Minggu sebesar 11,02 menit dan 9,09 menit. Nilai durasi parkir sepeda motor Mirota Kampus Swalayan pada hari Sabtu waktu tertinggi terjadi pada menit ke 315-330 sebanyak 34 kendaraan, Nilai durasi parkir mobil di parkir Mirota Kampus Swalayan pada hari Sabtu waktu tertinggi terjadi pada menit ke 90-105 dan hari Minggu menit ke 60-75 sebanyak 20 kendaraan.

Kata kunci : Mirota Kampus Swalayan, Metode Observasi, Karakteristik Parkir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PARKIR MOTOR DAN MOBIL MIROTA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:57
Last Modified: 10 Jun 2022 06:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item
View Item