STUDI EXPERIMENTAL TENTANG KINERJA MOTOR 2 LANGKAH 150 CC PADA BERBAGAI VARIASI BUKAAN KATUB

AJI NUGROHO (2014) STUDI EXPERIMENTAL TENTANG KINERJA MOTOR 2 LANGKAH 150 CC PADA BERBAGAI VARIASI BUKAAN KATUB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (23kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (47kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.doc
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Sejak lama motor 2 langkah dikenal sebagai motor yang mempunyai konstruksi mesin sederhana, tenaga yang besar, knalpot tidak gampang keropos, dan mudah perawatanya. Sampai saat ini motor 2 langkah masih diproduksi dan sangat digemari konsumen. Berdasarkan keterangan tersebut maka perlu dilakukan penalitian mengenai studi eksperimental tentang kinerja motor 2 langkah 150 cc.
Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan motor bensin 2 langkah 150 cc dengan menggunakan alat uji water brake dynamometer, menggunakan bahan bakar bensin, data yang diambil adalah putaran mesin, putaran dynamometer, gaya yang terukur pada water brake dynamometer, volume bahan bakar, waktu untuk menghabiskan bahan bakar. Pengujian dilakukan pada kondisi mesin standar Pengujian dilakukan di laboratorium Proses Produksi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, parameter yang dicari Torsi, Daya, dan sfc. Variasi bukaan trhottle 0%, 25%, 50%, 75%, 100%.
Pada saat trhottle dibuka 0%, gaya yang tercatat kecil, Semakin tinggi putaran mesin dan semakin besar bukaan trhottle, gaya yang tercatat semakin besar. Jadi semakin besar gaya semakin besar Torsi. Daya terbesar terjadi pada putaran mesin 4125 RPM saat trhottle di buka 100% yang nilainya 4,87 HP. Konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) terbaik terjadi sebesar 0,66 kg/kW.jam pada putaran mesin 3895 RPM saat trhottel dibuka 50% di bandingkan dengan variasi bukaan throttle lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STUDI EXPERIMENTAL KINERJA MOTOR 2 TAK 2 LANGKAH 150 CC
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:03
Last Modified: 10 Jun 2022 07:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8525

Actions (login required)

View Item
View Item