KAJIAN EXPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 35%

DEDE IRFAN A. (2013) KAJIAN EXPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 35%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (35kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (29kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (44kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.doc
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penggunaan etanol sebagai bahan bakar campuran dapat menambah kinerja mesin, karena dapat meningkatkan angka oktan pada bahan bakar sehingga pembakaran lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDI, timing pengapian sangatlah penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Maka dilakukanlah penelitian tentang variasi timing pengapian terhadap kinerja motor bensin 4 langkah 100 cc berbahan bakar campuran premium-etanol dengan kandungan etanol 35%.
Dalam penelitian ini diambil data torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar antara kondisi CDI standar, CDI racing timing standar dan CDI racing timing non-standar. Pengambilan data torsi dan daya menggunakan metode throttle spontan, tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama motor dihidupkan kemudian dimasukkan pada gigi rasio ke-3, kemudian throttle ditahan pada 3500 rpm setelah stabil pada 3500 rpm throttle mulai dinaikkan secara spontan sampai 10.000 rpm. Hasil pengujian dari metode ini adalah torsi dan daya yang dikeluarkan dari dynotest, sedangkan pengambilan data konsumsi bahan bakar (mf) menggunakan metode per rpm dengan cara membuka throttle dari 2000 rpm kemudian dinaikkan menjadi 8000 rpm secara bertahap dengan kenaikan putaran mesin setiap 1000 rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi CDI standar. Torsi tertinggi diperoleh pada kondisi CDI racing timing standar pada putaran mesin 3.928 rpm dengan timing pengapian ± 33o sebelum titik mati atas (TMA) yaitu sebesar 7,22 N.m. Daya tertinggi diperoleh pada kondisi CDI racing timing non-standar pada kecepatan putaran mesin 7.000 rpm dengan timing pengapian ± 44o sebelum TMA yaitu sebesar 6 HP. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (mf) lebih rendah dari pada kondisi CDI racing.

Kata Kunci: CDI Racing, Timing Pengapian, Etanol, Premium, Angka Oktan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KAJIAN EXPERIMENTAL KINERJA MOTOR 4 LANGKAH BAHAN BAKAR CAMPURAN ETANOL 35 %
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:05
Last Modified: 10 Jun 2022 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8527

Actions (login required)

View Item
View Item