PENGARUH BERAT FOLLER 8 GRAM 10 GRAM DAN 12 GRAM TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 113 CC BERTRANSMISI MATIC

EKO PUJIYANTO (2014) PENGARUH BERAT FOLLER 8 GRAM 10 GRAM DAN 12 GRAM TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 113 CC BERTRANSMISI MATIC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.rtf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.rtf

Download (103kB)

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya sepeda motor dengan transmisi otomatis CVT (Countinously Variable Transmission). Untuk meningkatkan kinerja mesin salah satunya dilakukan dengan cara penggantian roller, dengan adanya berbagai ukuran roller di pasaran, maka dalam hal ini perlu dilakukan penelitian tentang roller centrifugal 8 gram, 10 gram dan 12 gram agar dapat mengetahui kinerja yang dihasilkan.
Dalam penelitian ini diambil data torsi, daya dan konsumsi bahan bakar ((mf) ̇) antara kondisi roller centrifugal 8 gram, 10 gram, 12 gram Pengambilan data torsi dan daya menggunakan metode throttle spontan, tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama motor dihidupkan, kemudian throttle ditahan pada 3250 rpm setelah stabil pada 3250 rpm baru throttle dinaikkan secara spontan sampai maksimal, hasil pengujian yang dikeluarkan dari alat dynotest ini adalah daya dan torsi. Pada metode ini grafik dari dynotest tidak dapat dikeluarkan, hanya daya dan torsi yang dapat terlihat karena grafik hanya terlihat dengan metode throttle spontan, sedangankan pengambilan data ((mf) ̇)menggunakan metode per-rpm dengan cara membuka throttle dari 3000 rpm kemudian dinaikkan menjadi 7000 rpm secara bertahap setiap kenaikannya 1000 rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi roller centrifugal 8 gram torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi roller centrifugal 10 gram, 12 gram. Pada kondisi roller centrifugal 12 gram konsumsi bahan bakar ((mf) ̇) lebih rendah dari pada kondisi roller centrifugal 8 gram, 10 gram. Hal tersebut disebabkan karena roller 12 gram bergerak lebih lambat dalam menekan movable drive face, maka daya dan torsi yang dibangkitkan juga semakin rendah sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar ((mf) ̇) yang dibutuhkan juga semakin sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BERAT FOLLER 8 GRAM 10 GRAM 12 GRAM KINERJA MOTOR 4 LANGKAH MATIC
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:05
Last Modified: 10 Jun 2022 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8528

Actions (login required)

View Item
View Item