PENDIDIKAN KEISLAMAN DALAM PERKADERAN HIZBUT TAHRIR INDONESIA

MAS'UDI (2011) PENDIDIKAN KEISLAMAN DALAM PERKADERAN HIZBUT TAHRIR INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (141kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (26kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan proses perkaderan Hizbut Tahrir serta mengetahui bagaimana proses perkaderan Hizbut Tahrir tersebut dalam mendidik dan membentuk kualitas ideologi keislaman para kadernya. Tampaknya pola perkaderan Hizbut Tahrir diistilahkan sebagai proses taṡqîf. Kata inilah yang menjadi keywords dalam penelitian ini.

Penelitian ini dilakukan pada Hizbut Tahrir secara keseluruhan tanpa memandang batas teritorial kenegaraan. Penulis menggali data melalui data primer yang berupa kitab-kitab mutabannât (yang diadopsi) Hizbut Tahrir dan data sekunder berupa literatur-literatur dan bahan-bahan lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Selanjutnya sumber-sumber data tersebut digunakan untuk mendeskripsikan sekaligus menganalisis proses perkaderan yang berlangsung dalam partai politik Islam Hizbut Tahrir sebagai upayanya dalam mendidik dan membentuk kualitas keislaman kader-kadernya.

Melalui analisis deskriptif dalam penelitian ini ditemukan konklusi bahwa proses perkaderan yang telah diformat oleh Hizbut Tahrir sedemikian rupa ternyata mampu menghasilkan kader-kader yang berkualitas secara keislaman dalam banyak hal, baik pola pikir, pola jiwa, pola sikap, dan lain-lain.

Keywords:

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ISLAM HIZHUT TAHRIR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:55
Last Modified: 27 Jul 2022 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item
View Item