AKBAR ARFAN (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS RADIO ANDALAS FM BANDAR LAMPUNG DALAM MERAIH JUMLAH PEMASANG IKLAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (116kB)
Abstract.docx
Download (24kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (22kB)
Lampiran.rtf
Restricted to Repository staff only
Download (43kB)
Lampiran.rtf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (48kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (122kB)
Lampiran.rtf
Restricted to Repository staff only
Download (46kB)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only
Download (162kB)
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: bagaimanakah strategi komunikasi Public Relations yang digunakan Radio Andalas FM Bandar Lampung dalam meraih jumlah pemasang iklan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Public Relations yang digunakan Radio Andalas FM dalam meraih jumlah pemasang iklan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian ini yaitu program director, marketing manager, serta staf marketing radio Andalas Lampung. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi public relations yang digunakan radio Andalas Lampung dalam meraih jumlah pemasang iklan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik triangulasi data. Teknik analisa data yang digunakan penulis adalah deskriptif analitik dengan menggunakan analisa kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa public relations yang ada di Radio Andalas merupakan “ujung tombak” dari pemasaran yang ada di radio tersebut. Public relations di Radio Andalas dianggap sudah baik karena pada kenyataannya telah mampu meraih jumlah pelanggan yang banyak. Public relations yang ada di Radio Andalas nampak telah menerapkan semua yang menjadi fokus kegiatan public relations yang seharusnya. Hal inilah yang menyebabkan walaupun hanya menggunakan satu jenis pemasaran namun hasilnya pelanggan yang dimiliki Radio Andalas sudah banyak. Mahalnya biaya yang harus dijual oleh bagian pemasaran Radio Andalas membuat manajemen menyadari bahwa program akan sulit terjual apabila Radio Andalas tidak melakukan pendekatan khusus kepada pelanggannya. Hanya jenis pemasaran public relations saja yang dianggap mampu untuk mengatasi hal ini.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Public Relations
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS SKR IK 2013 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8623 |