RIZQI FAUZI (2013) STRATEGI PROMOSI PERUSAHAAN KERUDUNG "ZUHRA" MAGELANG DALAM MEMPERTAHANKAN MARKET SHARE PEREODE 2008-2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Abstract.pdf
Download (20kB)
Bab I.pdf
Download (224kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
Abstract
Salah satu produk lokal yang kini sedang berkembang pesat adalah industri kerudung. Perusahaan kerudung Zuhra merupakan perusahaan yang memproduksi kerudung di Magelang. Berkembangnya peluang usaha di bidang fashion kerudung, ternyata menimbulkan daya tarik para pembisnis konveksi kerudung. Sehingga saat ini banyak bermunculan brand-brand kerudung di Magelang. Dengan semakin berkembangnya kompetitor yang bergerak dalam bidang konveksi kerudung, dari model kerudung dan target audiens yang sama, tentunya memacu Perusahaan Kerudung Zuhra untuk lebih memaksimalkan atau menguatkan perusahaan agar dapat bersaing. Hingga saat ini pihak perusahaan kerudung Zuhra menyatakan bahwa Zuhra sendiri adalah market leader di Magelang dan untuk mempertahankan market share yang telah dicapai, Maka dari itu diperlukan suatu strategi promosi agar perusahaan dapat mencapai target penjualan dan mampu menghadapi para pesaingnya. Objek dari penelitian ini adalah Perusahaan Kerudung Zuhra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi promosi yang dijalankan oleh perusahaan kerudung Zuhra dalam mempertahankan market share.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah kantor Perusahaan Kerudung Zuhra yang beralamat di Jl. Pemuda Barat, Muntilan Magelang. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan 6 orang informan, yaitu owner, manager dan marketing, 1 konsumen sub dealer, bagian keuangan dan 1 konsumen Zuhra, Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan Juga didukung dengan beberapa data dari studi pustaka. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu mereduksi data,menyajikan data dan menyimpulkan data.
Dengan demikian, peneliti melakukan penelitian mengenai strategi promosi pada Perusahaan Kerudung Zuhra dalam mempertahankan market share. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui strategi yang digunakan adalah dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi. Sedangkan kegiatan promosi yang dilakukan melalui promotion mix, yaitu sales promotion, direct marketing, personal selling, sponsorsip dan advertising. Market share yang ingin dicapai juga sudah mengalami peningkatan di setiap tahunnya, hal ini menunjukkan bahwa program-program promosi yang dijalan Perusahaan Kerudung Zuhra sudah cukup efektif.
Kata kunci: strategi pemasaran, promosi market share
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMASARAN PROMOSI MARKET SHARE SKR IK 2013 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8624 |