EVENT PAMERAN SEBAGI PROGRAM MARKETING PUBLIC RELATION JOGJA GALLERY.

CARY BERLIANTO (2013) EVENT PAMERAN SEBAGI PROGRAM MARKETING PUBLIC RELATION JOGJA GALLERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jogja Gallery merupakan Gallery swasta yang ada di Yogyakarta. Jogja
Gallery selalu melakukan event pameran untuk melestarikan Seni dan Budaya dan
agar nama Jogja Gallery dikenal publik. Dengan banyaknya kompetitor yang
muncul, maka dari itu diperlukan kegiatan Marketing Public Relations dan
Manajemen Event yang baik agar tetap menjalankan fungsinya sebagai gallery
swasta di kota Yogyakarta. Objek dari penelitian ini adalah Jogja Gallery. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen event pameran seni rupa
sebagai program Marketing Public Relations Jogja Gallery pada periode 2009-
2013.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif, dengan jenis penelitian
kualitatif. Lokasi penelitian Jogja Gallery jalan Pekapalan No 7, Alun-Alun Utara
Yogyakarta. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan 4 orang
informan. Metode penelitian menggunakan wawancara dan juga didukung dengan
beberapa data dari dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Kemudian di uji dengan teknik keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Jogja Gallery telah melakukan
tahapan manajemen event Riset, Desain, Planing, Kordinasi, dan Evaluasi.
Adapun kegiatan Marketing Public Relations yang dilakukan Jogja Gallery adalah
melalui Event, News, Publications, dan Identity Media. Dengan demikian Jogja
Gallery telah melakukan event pameran sebagai program Marketing Public
Relations dengan baik, hal ini ditunjukan dengan berjalanya event pameran yang
digelar di Jogja Gallery dan berkelanjutan.
Kata kunci : Event Pameran, Marketing Public Relations, Manajemen Event

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EVENT PAMERAN MARKETING PUBLIC RELATION MANAJEMEN EVENT IK 2013
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:31
Last Modified: 22 Jul 2022 07:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8631

Actions (login required)

View Item
View Item